Baznas Padang Bentuk 1.700 UPZ

Senin, 27 Februari 2017, 14:56 WIB | News | Kota Padang
Baznas Padang Bentuk 1.700 UPZ
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan arahan pada pembentukan UPZ di masjid dan mushala, di Aula Kantor Baznas Padang, Senin (27/2/2017). (humas)

VALORAnews - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang melakukan optimalisasi pengumpulan zakat melalui pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 1.700 lebih masjid dan mushala. Pembentukan diawali dengan sosialisasi tentang zakat yang dibuka Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo di Aula Kantor Baznas Padang, Senin (27/2/2017).

Mahyeldi mengatakan, optimalisasi pengumpulan zakat bukan hanya untuk menyejahterakan mustahik tetapi juga untuk membersihkan diri dan harta para muzaki (pembayar zakat).

"Zakat dapat membersihkan diri lahir batin," kata Mahyeldi.

Menurutnya, perbandingan rumah tangga miskin dan sejahtera di Kota Padang sekitar 1 banding 6. Perbandingan tersebut menunjukkan para muzaki lebih banyak dari mustahik, sehingga lebih cepat meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Ada 32 ribu lebih rumah tangga miskin di Kota Padang, sedangkan lebih 160 ribu adalah rumah tangga yang termasuk sejahtera. Dengan perbandingan ini, kita dapat lebih cepat mengentaskan kemiskinan," ungkap dia.

Ia menilai, pembentukan UPZ di masjid dan musala adalah langkah tepat untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat. Selain memudahkan muzaki dalam membayar zakatnya, tingkat kesadaran orang kaya menunaikan zakat juga akan semakin tumbuh.

"Adanya UPZ memudahkan muzaki menunaikan zakat," tukasnya.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat, Prof Syamsul Bahri Khatib mengatakan, UPZ selaku lembaga pengumpul zakat tetapi tidak bertindak selaku penyalur zakat. Sebab, tugas distribusi ada pada Baznas.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

"Tugas pengumpulan pada UPZ dan pendistribusian pada Baznas," sebutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: