Ini Harapan Mahyeldi pada Duta Genre

Sabtu, 25 Februari 2017, 21:38 WIB | News | Kota Padang
Ini Harapan Mahyeldi pada Duta Genre
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan arahan pada calon Duta Genre Kota Padang, usai subuh berjamaah di Masjid Hotel Kryad Bumiminang Padang, Jumat (24/2/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi melaksanakan shalat subuh berjamaah dengan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Padang, di Masjid Hotel Kryad Bumiminang Padang, Jumat (24/2/2017). Shalat Subuh berjamaah tersebut merupakan rangkaian kegiatan pemilihan Duta Genre Kota Padang yang diikuti 50 orang peserta yang berasal dari kalangan generasi muda.

Dijelaskan Mahyeldi, genre merupakan remaja yang mampu merencanakan kehidupan, baik dari segi pendidikan, ekonomi, keluarga. Dan, remaja yang bisa menghindari risiko Tiga Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) yakni tidak menikah muda, tidak melakukan seks bebas, mengonsumsi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Serta, terbebas dari HIV/AIDS dan mampu melakukan advokasi komunikasi, informasi dan edukasi.

"Sebelum berbagi wawasan, pengetahuan dan mengedukasi remaja lainnya, seorang duta genre harus terlebih dahulu menerapkannya pada diri sendiri, agar bisa menjadi teladan bagi remaja lainnya," tutur Mahyeldi.

Ditambahkannya, genre bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkualitas, agar mampu bersaing di masa depan. Caranya dengan meningkatkan pengetahuan, dan keimanan.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Mengajak orang lain berbuat baik dan berbuat baik pada diri sendiri merupakan ibadah, asalkan apa yang dilakukan dengan niat karena Allah SWT," ujar Mahyeldi.

Sementara, Sekda Padang, Asnel pada pembukaan Duta Genre Kota Padang, mengatakan, jumlah remaja Kota Padang saat ini sekitar 270.724 orang. Sebagai asset bangsa, remaja harus dijaga, dibina serta dikembangkan kualitasnya.

"Fenomena remaja saat ini banyak yang hedon, huru-hara dan kenakalan lainnya. Oleh sebab itu, program duta Genre harus terus kita kembangkan sebagai upaya melakukan pencegahan," ungkap Asnel.

Ditambahkannya, pemilihan Duta Genre ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang yang hanya berhenti pada pemilihan saja, tetapi bisa dijadikan role model, motivasi, dalam kampanye Genre.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Di samping itu, Kepala DP3AP2KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Padang, Muji Susilawati mengatakan, peserta pemilihan Duta Genre yang pertama ini diikuti 102 orang, 42 perempuan dan 60 laki-laki yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta serta 17 orang dari SMA.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: