Kontribusi PAD untuk APBD, Mahyeldi: Masih Sangat Kecil

Sabtu, 18 Februari 2017, 16:55 WIB | News | Kota Padang
Kontribusi PAD untuk APBD, Mahyeldi: Masih Sangat Kecil
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo didampingi Adib Alfikri (Kepala Bapenda), memberikan award pada pengusaha advertising yang menyetorkan pajak paling banyak di 2016, di GOR H Agus Salim, Jumat (17/2/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pajak daerah, masih jadi penyumbang terbesar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang yakni sebesar 69 persen. Namun, kontribusi PAD terhadap APBD masih sangat kecil yaitu sebesar 18 persen saja.

Kemudian, penyelenggaraan pemerintahan di Setdako Padang dibiayai dengan dana perimbangan sebesar 67 persen. Artinya, Kota Padang masih sangat bergantung pada dana pemerintah pusat.

"Pembangunan tidak pernah berhenti. Sementara, dana dari pemerintah pusat sangat terbatas. Oleh sebab itu, PAD Kota Padang perlu ditingkatkan," ungkap Walikota Padang, Mahyeldi pada pelaksanaan upacara bendera bulanan Pemko Padang di GOR H Agus Salim, Jumat (17/2/2017).

Ditegaskan Mahyeldi, untuk peningkatan kontribusi PAD pada ABPD, perlu dilakukan inovasi baik untuk pajak, retribusi, maupun sumber PAD lainnya yang sah menurut undang-undang. (Baca: Tingkatkan Potensi PAD, Adib: Inovasi terus Kita Lakukan)

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Ketaatan masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi, terang Mahyeldi, juga masih rendah. Mengatasinya, perlu sosialisasi dan penyuluhan yang berkesinambungan, baik melalui media massa, ataupun tatap muka.

"Membayar pajak itu butuh kesadaran. Untuk itu perlu diberikan sanksi dan reward, agar wajib pajak jujur dan tepat waktu dalam menjalankan kewajibannya," ujar Mahyeldi.

Ditambahkannya, sebagai warga Kota Padang dan pelayan masyarakat, ASN Pemko Padang harus memberikan contoh pada masyarakat sebagai warga yang taat pajak, terutama dalam pembayaran PBB. (rls/vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: