Disdikbud Susun Buku Adat Salingka Nagari Bagi Siswa Sekolah

Jumat, 17 Februari 2017, 08:52 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Disdikbud Susun Buku Adat Salingka Nagari Bagi Siswa Sekolah
Ilustrasi.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, menyusun buku Adat Salingka Nagari, untuk dimasukan dalam kurikulum muatan lokal di sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu

"Penyusunan buku Adat Salingka Nagari ini dibahas dan dibicarakan dalam rapat koordinasi bersama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo kanduang di Kabupaten Agam beberapa waktu lalu," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra, Kamis (16/2/017) di Lubukbasung.

"Kita menyadari, anak-kemenakan, dan kalangan siswa banyak yang tidak mengetahui nama suku yang ada di 82 nagari di Kabupaten Agam," tambahnya.

Agar para generasi muda mengetahui dan memahami adat salingka nagarinya, dalam waktu dekat akan disusun buku Adat Salingka Nagari, sehingga mereka dapat mempelajarinya dan dapat pula diwariskan nantinya kepada anak cucu.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

"Kami sangat serius akan hal ini karena bisa membentuk karakter anak didik yang kuat, yang bisa melestarikan adat dan budaya di nagari," ujarnya pula.

Menurutnya, kearifan lokal tentang adat dan budaya, perlu dijaga dan dilestarikan, yang dimulai dari tingkat Sekolah Dasar. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: