Pabriknya ada di Palupuah Agam: Raflesia Luwak Coffee Tembus Pasar Internasional

Jumat, 10 Februari 2017, 09:09 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Pabriknya ada di Palupuah Agam: Raflesia Luwak Coffee Tembus Pasar Internasional
Ilustrasi.

VALORAnews - Raflesia Luwak Coffee Batang Palupuah, Kecamatan Palupuah, Agam, telah mampu menembus pasar internasional. Bahkan, mampu menarik wisatawan manca negara (Wisman) berkunjung ke Palupuh.

"Kopi diekspor di antaranya ke Belanda, Korea, Thailand dan Amerika. Pengiriman tidak bisa banyak, karena persediaan kopi terbatas," ujar Unun Khalik, pengusaha Raflesia Luwak Coffee saat ditemui di rumahnya, Batang Palupuah, Kecamatan Palupuah, Rabu (8/2/2017)

Dikatakan, masing-masing pesanan dari luar negeri hanya mampu dipenuhi 1 kg. Kondisi demikian disebabkan sulitnya mendapatkan bahan baku. Untuk mendapatkannya, bahan baku, kopi bercampur kotoran luwak, ia membelinya dari petani pengumpul yang jumlahnya juga terbatas.

Diungkapkan, banyak wisatawan manca negara, yang menyempatkan dirinya mengunjungi dan mencoba Luwak Coffee tersebut di sentra produksi. Di antaranya dari Amerika, Italy, Jerman, Eropa, Argentina dan Australia.

Baca juga: Jembatan Kasiak Simpang Bukik Diganti Bailey, Target Pemasangan Selesai Sehari

"Pengunjung datang tidak sekadar minum, tapi sistemnya mendengarkan informasi, meminum dan memutuskan membeli," ujarnya.

Menurutnya, dengan cara ini ia bisa mempromosikan produknya lebih luas lagi, supaya bisa menjangkau negara-negara lainnya. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: