Perantau akan Jadikan Palembayan Sentra Pangan

Jumat, 03 Februari 2017, 09:38 WIB | Wisata | Kab. Agam
Perantau akan Jadikan Palembayan Sentra Pangan
Ketua Perantau Minang asal Kecamatan Palembayan dari Malaysia, Hasmiati Koto, usai peresmian Kantor Camat Palembayan, Rabu (1/2/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Perantau Minang asal Kecamatan Palembayan, Agam, saat ini tengah mengupayakan daerah itu jadi salah satu kecamatan sentra pangan.

Hal itu diungkapkan Ketua Perantau Minang asal Kecamatan Palembayan dari Malaysia, Hasmiati Koto, usai peresmian Kantor Camat Palembayan, Rabu (1/2/2017). Ia mengungkapkan, tidak sedikit perantau Palembayan yang berada di derah lain, bahkan di luar Indonesia di antaranya Malaysia, Medan dan kota-kota di Sumbar.

"Sudah saatnya pula perantau membangun, dan membantu pembangunan kampung halaman. Kita sudah merancang bersama perantau lainnya, untuk membentuk pergerakan yang pantas dikembangkan di Palembayan. Atas kesepakatan bersama, timbulah ide untuk mengupayakan Palembayan jadi salah satu kecamatan sentra pangan di Agam," ujar Hasmiati.

Dijelaskannya, beberapa kegiatan sudah dilakukan. Tahap pertama penanaman padi seluas 7 hektar, ke depan akan dikembangkan menjadi 50 hektar, dan secara bertahap terus dilakukan penambahan. "Kita ingin Palembayan menjadi sentra beras, seperti era 70- an. Saat itu terkenal," ujarnya.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Dalam kesepakatannya, tahun ini juga direncanakan peremajaan kopi seluas 4 hektar. Nanti kopi Palembayan memasok kebutuhan cafe-cafe di berbagai kota besasr Indonesia, bahkan akan disekspor ke luar negeri.

Kemudian, memanfaatkan keindahan alam untuk menarik kunjungan wisatawan, sehingga Palembayan akan menjadi destinasi wisata menarik nantinya. "Program ini dilakukan tidak hanya untuk mempromosikan Kecamatan Palembayan, tapi juga mampu menjadi penunjang perekonomian masyarakat," harapnya.

Pada saat itu, Bupati Agam, H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mengatakan, akan mendukung upaya yang dilakukan perantau membangun kampung halaman, bahkan pada kesempatan itu bupati memberikan bantuan 500 bibit jengkol, petai, dan nangka.

"Mudah-mudahan, upaya perantau menjadikan Palembayan sentra pangan terwujud, nantinya bisa jadi penunjang perekonomian masyarakat di kampung," ujar Indra Catri. (rls/vri)

Baca juga: PPII Masyumi Jatuhkan Dukungan untuk Nasrul Abit-Indra Catri

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: