Pemkab Agam Perjuangkan Gerakan Save Maninjau ke Kementrian ESDM

Sabtu, 21 Januari 2017, 21:08 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pemkab Agam Perjuangkan Gerakan Save Maninjau ke Kementrian ESDM
Kondisi air Danau Maninjau dari waktu ke waktu yang disampaikan Pemkab Agam ke jajaran Kementrian ESDM di Jakarta, Jumat (20/1/2017). (humas)

VALORAnews - Pemkab Agam melakukan pertemuan dengan wakil menteri ESDM, Arcandra Tahar terkait percepatan Gerakan Penyelamatan Danau Maninjau. Pertemuan itu langsung dipimpin Bupati Agam, Indra Catri bersama Trinda Farhan Satria (Wabup) serta instansi terkait lainnya.

"Dalam pertemuan itu, dibicarakan upaya perbaikan catchment area Danau Maninjau, mengingat semakin rusaknya daerah tangkapan air di bagian hulu. Selanjutnya pembersihan sampah di permukaan dan penyedotan sedimentasi di dasar danau," ungkap Indra Catri.

Turut mendampingi di pertemuan itu, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan serta Camat Tanjung Raya. Rombongan Pemkab Agam disambut Sekjen dan pejabat ESDM serta jajaran PLN pada Jumat (20/1/2017) di Kantor Kementerian ESDM RI, di Jakarta

"Kementrian ESDM akan membantu Teknologi Penyedotan Sedimen, yang terlebih dhulu perlu dilakukan kajian secara komprehensif . Sedangkan untuk pembiayaan akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut," ungkap Indra Catri.

Baca juga: Pemkab Agam dan Warga Bersihkan Eceng Gondok dari Danau Maninjau, Dijadikan Kerajinan dan Pupuk Organik


Dalam pertemuan ini disampaikan juga harapan pada PT PLN di bawah koordinasi Kementerian ESDM, untuk menjadikan kawasan wisata Muko Muko jadi lebih representatif.

Diharapkan pertemuan ini dapat memberikan solusi dalam percepatan pencapaian sasaran gerakan save Maninjau. (rls/ham)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: