Selamatkan Danau Maninjau Sekarang

Rabu, 11 Januari 2017, 09:54 WIB | Wisata | Kab. Agam
Selamatkan Danau Maninjau Sekarang
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria meninjau Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau, Selasa (10/1/2017) bersama tokoh masyarakat setempat, Bachtiar Chamsyah yang juga mantan menteri Sosial RI. (humas)

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria bersama tokoh masyakat Kecamatan Tanjung Raya, yang juga mantan Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamsyah lakukan survei kondisi Danau Maninjau, Selasa (10/1/2017).

Survei lapangan Danau Maninjau diikuti, Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yulnasri dan SKPD terkait.

"Kegiatan penyelamatan Danau Maninjau sudah jadi agenda utama Pemkab Agam. Saat ini sudah ada tim khusus yang akan menanganinya," ungkap Trinda Farhan Satria, saat peninjauan.

Dikakatan Farhan, dirinya dipercaya Bupati Agam, Indra Catri untuk memimpin tim tersebut. "Dari hasil survei lapangan yang dilakukan, jika tidak segera dilakukan penyelamatan terhadap danau, maka permasalahannya nanti bisa semakin berat," kata Farhan.

Baca juga: Anak Nagari Maninjau Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri dengan Festival Rakik Rakik

Dikatakan, permasalahan itu tidak terlepas dari Keramba Jaring Apung (KJA) yang sudah memadati perairan danau atau sudah melebihi kapasitas. Ini perlu ditangani secara bersama-sama dan menyeluruh, mulai dari anak sungai di sekitaran danau.

"Jika kita analisa terhadap besaran sendimen yang sudah ada dalam danau, ini perlu dilakukan pengerukan atau penyedotan. Itupun hanya bisa di lokasi yang dangkal. Untuk penyelamatan danau sendiri, Pemprov sudah mulai menyusun strategi," ungkap Farhan.

Tokoh masyarakat Kecamatan Tanjung Raya juga mantan Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamsyah mengatakan, masyarakat sudah mengetahui air danau tercemar. Warga dan pemerintah akan satu pendapat terhadap danau ini.

"Informasi didapat dari masyarakat, kondisi air danau berubah-rubah, terkadang bersih dan terkadang kotor sekali, sehingga menimbulkan aroma tidak baik, banyak endapan atau sendimen yang naik kepermukaan," kata Bachtiar.

Baca juga: Angkat Eceng Gondok dari Danau, Goro Save Maninjau ke-4 Antuasias Diikuti Warga

Dikatakan Bachtiar, kalau dilihat selama ini, partisipasi masyarakat terhadap danau cukup tinggi, salah satu buktinya untuk membersihkan eceng gondok yang dilakukan bersama Pemkab Agam.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: