Gebu Minang Dimintai Klarifikasi oleh Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli

Minggu, 25 Desember 2016, 23:25 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Gebu Minang Dimintai Klarifikasi oleh Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli
Pengurus Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli, menggelar rapat seputar penerimaan penghargaan dari Gebu Minang, Minggu (25/12/2016) di Canduang, Agam. Rapat ini seputar keputusan Gebu Minang yang menyerahkan penghargaan untuk ulama pendiri MTI Candung itu, buk

VALORAnews - Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli mengucapkan terimakasih pada Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) yang telah memberikan penghargaan pada Syech Sulaiman Arrasuli (Inyiak Canduang) di Bidang Pendidikan, atas jasa beliau mengembangkan pendidikan di Sumatera Barat pada pembukaan seremonial pembukaan musyawarah besar (Mubes) Gebu Minang di Padang, Jumat (23/12/2016).

"Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya pada Dewan Eksekutif Gebu Minang, Bapak Ermansyah Jamin Dt Tanmaliputi sebagai Ketua Umum dan Yulianto Syahyu sebagai Sekretaris Jederal. Namun, kami merasa ada yang janggal dalam proses pemberian penghargaan dimaksud, yakni soal penerima penghargaan bukan orang yang ditunjuk secara resmi oleh yayasan," ungkap Feri Irawan, Wakil Sekretaris Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli dalam siaran persnya yang diterima.

Tersebab kejanggalan itu, Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli merasa perlu untuk melakukan klarifikasi pada Dewan Eksekutif Gebu Minang. "Pihak yang mewakili keluarga Syech Sulaiman Arrasuli dalam acara tersebut adalah H Boy Lestari Dt Palindih, yang tidak ada hubungan sama sekali dengan Syekh Sulaiman Arrasulli," terang Feri Irawan.

"Padahal, di tempat penyelenggaraan telah hadir pihak keluarga sekaligus mewakili Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli yaitu Buya H. Badra Sahruddin Arrasuli (Rais 'Am/Pimpinan MTI Canduang). Yang bersangkutan juga telah melaporkan diri pada panitia sebelum acara berlangsung," terangnya.

Baca juga: Munas Gebu VII Minang, Mahyeldi: Perantau Penggerak Pariwisata Sumbar

Dikatakan Feri, Gebu Minang sebelumnya telah memberitahukan rencana pemberian penghargaan ini melalui Ketua Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli, Syukri Iska sekaligus mengundang perwakilan keluarga untuk menerima penghargaan tersebut. Kemudian, yayasan menunjuk Rais 'Am MTI Canduang mewakili keluarga sekaligus yayasan untuk menerima penghargaan dimaksud.

"Pada tanggal 23 Desember 2016, Rais 'Am MTI Canduang datang ke tempat acara di Hotel Pangeran, Padang dan menyampaikan kapasitas dan tujuan beliau hadir. Panitia yang menerima beliau telah mempersilahkan untuk mengisi daftar hadir dan memasuki ruang acara," urai Feri seputar kronologis kejadian.

"Pada saat penerimaan anugerah, MC justru memanggil nama H Boy Lestari Dt Palindih, bukan Buya H Badra Sahruddin sebagai yang mewakili keluarga. Padahal H Boy Lestari Dt. Palindih sama sekali tidak pernah kami beri mandat. Selain itu, menurut kami, beliau tidak punya kapasitas untuk mewakili keluarga dan Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli dalam menerima penghargaan dimaksud," tegas Feri Irawan.

Tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih kami ke Gebu Minang, ungkap Feri, atas kejadian tersebut yayasan menyatakan kekecewaan dan merasa tidaknyamanan atas peristiwa dimaksud. "Kami mohon pihak Gebu Minang, juga memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut," harapnya. (rls/kyo)

Baca juga: Fadly Amran Terpilih Aklamasi jadi Ketua Gebu Minang Sumbar

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: