Pejabat Pembuat Komitmen Agam Dilatih Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Jumat, 02 Desember 2016, 15:29 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pejabat Pembuat Komitmen Agam Dilatih Laporan Keuangan Berbasis Akrual
Sekda Agam, Martias Wanto membuka pelatihan pelaporan keuangan berbasis akrual bagi pejabat pembuat komitmen di Setdakab Agam, Kamis (1/12/2016) di Lubukbasung. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto menyatakan, bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, penting dilakukan bagi seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di tiap SKPD. Karena, bisa memudahkan dalam pembuatan catatan atas laporan keuangan nantinya.

"Hal ini dapat memberikan manfaat yang lebih dalam meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan pemerintah dalam rangka akuntabilitas," ungkap Martias Wanto mewakili bupati, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan CaLK (Catatan Atas Laporan Keuangan) bagi PPK SKPD, di Lubukbasung, Kamis (1/12/2016).

Kegiatan tersebut dihadiri juga Kepala DPPKA Agam, Mislidya dengan menghadirkan Suhanda dari Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.

"Implementasi laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual, ditandai dengan ditetapkan Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dan Peraturan Mendagri No 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntasi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah," ungkap Martias.

Baca juga: Bukittinggi jadi Tuan Rumah Jambore Daerah X, Ini Harapan Sekjen Kwarnas Pramuka

Menurutnya, Bimtek penyusunan CaLK berbasis akrual juga merupakan salah satu strategi khusus untuk meningkatkan skill, khususnya pengelolaan laporan keuangan.

"Saya berharap setelah Bimtek ini SKPD mampu menyusun laporan keungan berbasis akrual dan akhirnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berbasis akrual juga dapat tersusun dan tersajikan dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah dan ketentuan berlaku. Sehingga, kita bisa memeperoleh WTP kembali," harapnya. (rls/bri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: