Nanggalo Bakal jadi Kampung Bebas Narkoba

Selasa, 11 Oktober 2016, 21:39 WIB | News | Kota Padang
Nanggalo Bakal jadi Kampung Bebas Narkoba
Ketua BNK Padang, Emzalmi didampingi Teddy Antonius (Camat Nanggalo) dan jajaran, meninjau kesiapan kecamatan ini jadi Kampung Bebas Narkoba, Selasa (11/10/2016). Peluncuran ini akan dilaksanakan di lapangan Sepakbola Perumnas Siteba, Kelurahan Surau Gada
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Program "Kampung Bebas Narkoba" yang akan dilakukan di Kecamatan Nanggalo, akan diluncurkan Minggu (16/10/2016). Informasi ini disampaikan Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Padang, Emzalmi, Selasa (11/10/2016), sewaktu meninjau kondisi lapangan Sepakbola Perumnas Siteba, Kelurahan Surau Gadang, sebagai lokasi peluncuran.

Dikatakan Emzalmi, kecamatan Nanggalo merupakan pilot project atau kecamatan pertama yang dipilih sebagai kampung yang bersih dan bebas dari narkoba di Padang. Usaha tersebut akan direalisasikan dengan memberdayakan masyarakat lewat Karang Taruna yang bekerja sama dengan pemerintah, BNN, kepolisian, serta pihak terkait lainnya.

"Kampung bebas narkoba ini dibuat, demi memberikan shock terapi dan mengupayakan seluruh kecamatan secara bertahap terbebas dari narkoba. Untuk yang pertama program ini kita lakukan di Kecamatan Nanggalo, setelah dilihat perkembangannya, kemudian akan dilanjutkan ke kecamatan lainnya," ujar Emzalmi yang juga wakil walikota Padang tersebut.

Emzalmi menyebutkan, sebagai komitmen dalam mendukung program kampung bebas narkoba telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) yang melibatkan masyarakat di masing-masing RW. Satgas yang telah ditunjuk akan diberikan kokarde dan identitas, sehingga diharapkan bisa berperan aktif terhadap berbagai upaya dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di daerahnya.

Baca juga: Bhabinkamtibmas Kelurahan Surau Gadang Ingatkan Bahaya 3C di SDN 10

"Jadi, peran aktif masyarakat yang kita harapkan di sini. Seperti kalau ada orang yang berniat mengedarkan atau memakai narkoba, mereka diberikan kewenangan untuk melaporkannya ke pihak yang berwajib. Demikian juga pada rumah-rumah masyarakat, nantinya akan dipasangi stiker menandakan rumah itu bebas dari narkoba," terangnya.

Camat Nanggalo, Teddy Antonius juga menyampaikan, ia meminta masyarakat di Kecamatan Nanggalo dapat mendukung program Kampung Bebas Narkoba yang diterapkan di Nanggalo. Menurut Teddy, dengan melibatkan masyarakat sebagai Satgas, merupakan suatu langkah yang positif dalam rangka menekan peredaran narkoba khususnya di Nanggalo.

"Terkait angka penyalahgunaan narkoba di Nanggalo ini, mungkin tidak terlalu tinggi. Cuma karena kawasan ini terdapat permukiman penduduk yang cukup padat, mungkin perlu kesiapsiagaan kita semua demi menyelamatkan masyarakat dari bahaya laten barang haram tersebut," ucap Teddy. (rls/vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: