Realisasi Serapan Kegiatan Agam Capai 73,45 Persen

Jumat, 07 Oktober 2016, 09:41 WIB | Wisata | Kab. Agam
Realisasi Serapan Kegiatan Agam Capai 73,45 Persen
Plt Assisten II Perekonomian Pembangunan Setdakab Agam, Erniwati, saat membuka rapat evaluasi program atau kegiatan di aula kantor bupati Agam, Kamis (6/10/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Realisasi serapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Agam, dari kegiatan dan program yang telah dilaksanakan mencapai 73,45 persen hingga akhir September 2016.

"Kita lakukan rapat evaluasi ini, agar serapan anggaran pada 2016 ini bisa mencapai 100 persen hingga akhir tahun," kata Pelaksana Tugas (Plt) Assisten II Perekonomian Pembangunan Setdakab Agam, Erniwati, saat membuka rapat evaluasi program atau kegiatan di aula kantor bupati Agam, Kamis (6/10/2016).

Dijelaskan, batas waktu untuk menyelesaikan kegiatan sebelum minggu kedua Desember 2016, agar tersedia waktu untuk merapikan kelengkapan adminstrasi kegiatan. Selain sebagai tolak ukur kinerja pemerintah dalam membangun daerah, percepatan realisasi anggaran ini diharapkan dapat menjadi stimulus sektor perekonomi masyarakat.

"Jadi, pentingnya pembelanjaan pemerintah karena jadi tolak ukur. Kita harapkan ini dapat terealisasi mencapai 100 persen baik kegiatan fisik dan keuangan," ujarnya.

Baca juga: Menteri ATR BPN Setujui RDTR Kawasan Perkotaan Banuhampu

Sementara, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Irwansyaf menambahkan, dari 27 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Agam, realisasi fisik baru capai 70 persen dan keuangan belanja langsung mencapai 54,65 persen sampai akhir September 2016.

Seluruh paket pengadaan barang jasa yang dilaksanakan melalui pelelangan telah selesai dilaksanakan 100 persen dengan jumlah sebanyak 96 paket. Sementara, pihaknya mengharapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam melakukan peninjauan ualng terhadap RUP yang telah diumumkan.

"Kita juga meminta SKPD Agam segera melakukan peninjauan ulang RUP, karena RUP ini merupakan indikator kinerja SKPD," katanya.

Sementara, Bupati Agam, Indra Catri meminta semua pimpinan SKPD, melakukan percepatan penuntasan pelaksanaan kegiatan terutama yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat.

Baca juga: Program Pengentasan Kemiskinan, Endrizal: Wujudkan Kemandirian Pangan dengan Pemanfaatan Lahan Kosong

"Khusus kepada camat, diminta mengawal pelaksanaan kegiatan di wilayah masing-masing, sehingga terlaksana secara maksimal," tegas Indra Catri. (rls/jal)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024