Guru harus Mampu Bimbing Siswa Rebut Masa Depan

Selasa, 04 Oktober 2016, 09:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Guru harus Mampu Bimbing Siswa Rebut Masa Depan
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, jadi inspektur upacara bendera di SMAN 2 Lubukbasung, Senin (3/10/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria berharap majelis guru, mampu membimbing siswa untuk merebut masa depan mereka yang baik. Masa depan yang baik untuk siswa, kuncinya adalah majelis guru, bagaimana mendidik dan membina murid supaya mereka jadi anak yang berguna nantinya.

"Pelajar di Kabupaten Agam khususnya di SMAN 2 Lubukbasung, berhak untuk mendapatkan masa depan yang baik dan jadi orang berguna bagi nusa dan bangsa," kata Farhan saat jadi pembina upacara bendera di SMAN 2 Lubukbasung, Senin (3/10/2016).

Untuk menuju masa depan yang baik, menurut Farhan, generasi muda perlu menerapkan lima kecerdasan yang harus dimilikinya yaitu pertama kecerdasan spiritual sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan batin dari pikiran serta bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan.

Kedua kecerdasan emosional, jika siswa memiliki kecerdasan ini maka kematangan jiwa dan mental bisa kelihatan karena kedewasaan seseorang diukur bukan ia sudah tua, tapi di ukur dari kecerdasan emosionalnya.

Baca juga: Wako Bukittinggi bersama Dewan Pendidikan Kunjungi SMAN 1 Landbouw

Ketiga kecerdasan intelektual atau mengasah kemampua otak untuk berfikir, seperti siswa di sekolah bukan nilai tertinggi yang diutamakan tapi keterampilan berfikir yang harus ditingkatkan.

Keempat kecerdasan sosial, kecerdasan ini kata kuncinya adalah kepedulian sebagai makluk sosial, karena orang hidup bukan untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain begitu juga sebaliknya.

"Kelima kecerdasan fisik dengan meningkatnya kecerdasan ini di jiwa siswa, maka mereka akan secara spontan bakal gesit dalam segala hal yang dilakukannya," tukas Farhan.

Untuk itu, Farhan mengharapkan, siswa di Agam khususnya di SMAN 2 Lubukbasung memanfaatkan waktu semaksimal mungkin selama belajar di sekolah untuk merebut masa depan yang baik. "Selain itu, juga ditumpangkan harapan kepada majelis guru agar mendidik siswa dengan penuh kesabaran hingga mereka menjadi anak yang berguna nantinya," harapnya. (rls/ham)

Baca juga: Wako Bukittinggi Terima Audiensi Dewan Pendidikan, Ini yang Dibicarakan

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: