Gaung Pemberitaan DPRD Kerap Tak Sampai ke Pusat

Kamis, 08 September 2016, 22:36 WIB | News | Kota Padang

VALORAnews - Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual DPD RI, Mahyu Darma menilai, banyak terobosan positif yang dilakukan anggota DPRD maupun kepala daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, gemanya kerap tak sampai ke pemerintah pusat.

"Hal ini terjadi, karena tidak memanfaatkan potensi yang dimiliki setiap media berikut wartawannya. Apakah itu wartawan dari media cetak, elektronik maupun siber (online)," ungkap Mahyu Darma saat menerima kunjungan Humas dan Protokoler DPRD Padang serta anggota Forum Wartawan Parlemen (FWP) Padang, Kamis (8/9/2016).

Kunjungan ini, merupakan bagian dari kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Publikasi Kehumasan yang diikuti 28 anggota FWP DPRD Padang pada 6-9 September 2016. Rombongan ini dipimpin langsung Ketua DPRD Padang H Erisman didampingi Ermanto (Kabag Humas dan Protokoler DPRD Padang), beserta empat orang staf.

Agar kinerja positif wakil rakyat ini terpublikasi dengan baik dan diketahui pemerintah pusat dalam waktu cepat, Mahyu Darma menyarankan DPRD Padang, membangun website sendiri. "Biaya pembangunannya tak mahal. Paling, hanya Rp25 juta sudah lengkap konten-nya itu. Yang mahal itu server-nya. Kalau anggaran tak memadai, kan bisa dibangun website-nya saja," ungkap dia.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Untuk mengisi kontennya (isi), Mahyu Darma menyarankan, bagian Humas untuk memanfaatkan keahlian wartawan profesional, dalam memublikasikan setiap aktivitas kedewanan di DPRD Padang. Media publikasinya, yaitu melalui website DPRD Padang itu sendiri.

"Wartawan itu tetap bekerja di media mereka, tetapi kalau ada kegiatan positif tentang DPRD secara kelembagaan, maka berita itu dimasukan ke website DPRD. Berita yang ditayangkan nantinya dihitung poinnya dan bonusnya bisa saja berupa uang atau bentuk lainnya," ungkapnya Mahyu.

Jika ada 28 wartawan dari berbagai media ini memublikasikan kegiatan positif DPRD setiap harinya, baik itu berupa berita maupun video, tentu promosi kegiatan dewan akan jadi lebih massif. Sehingga, dewan tak lagi dianggap tukang jalan-jalan.

"Semua kegiatan dan produk yang dihasilkan DPD RI selama ini, termuat di website DPD RI yang beralamat di www.dpd.go.id. Konten ditulis oleh wartawan profesional yang meliput kegiatan anggota DPD RI. Tujuannya agar semua kegiatan anggota dan produk yang dihasilkan tersosialisasi dengan baik," tukasnya.

Baca juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Padang Gelar Paripurna Tutup Masa Sidang I dan Buka Masa Sidang II Tahun 2024

Mahyu mengapresiasi kunjungan Humas dan Protokoler DPRD Padang dengan membawa serta anggota FWP Padang. Kepada rombongan, Mahyu juga menjelaskan sejarah berdirinya DPD RI dan produk-produk yang telah dihasilkan para senator itu selama 12 tahun (periode ketiga) lembaga senator ini berdiri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: