Pemkab Agam Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Selasa, 23 Agustus 2016, 15:20 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pemkab Agam Pantau Kesehatan Hewan Kurban
Ilustrasi.

VALORAnews - Pemkab Agam akan memantau kesehatan hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha 1437 Hijriyah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Agam Farid Muslim mengatakan pemantauan kesehatan kambing dan sapi ini rutin yang dilakukan setiap tahunnya.

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan agar hewan kurban seperti sapi dan kambing yang akan disemblih terbebas dari penyakit, cukup usia dan sapi jantan," katanya.

Dalam pemantauan kesehatan hewan kurban ini, katanya, pihaknya mengerahkan petugas yang berasal dari dokter hewan dan paramedis yang berasal dari delapan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Sapi yang akan disembelih saat Idul Adha, harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), tidak cacat, cukup umur dan jantan," katanya.

Ia menambahkan, jumlah sapi yang dipotong pada 2015 sebanyak 4.982 ekor, pada 2014 sebanyak 5.185 ekor dan pada 2013 sebanyak 4.863 ekor.

"Kita tiap tahun kekurangan sapi jantan untuk dipotong saat Idul Adha. Untuk itu didatangkan dari daerah lain," katanya.

Sapi yang dipotong ini berasal dari Kabupaten Pasaman, Pesisir Selatan, Solok dan lainnya. Sapi yang dipotong ini, tambahnya, bebas dari penyakit cacing hati, cukup usia dan tidak cacat.

"Kita akan memberikan sosialisasi kepada panitia korban terkait syarat sapi yang akan dipotong nantinya," katanya.

Ia menambahkan, untuk Populasi sapi di Agam sebanyak 36.284 ekor tersebar di 16 kecamatan. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: