Komunitas Selaras Alam Mampu Produksi Kopi Arabika Premium

Rabu, 17 Agustus 2016, 22:26 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Komunitas Selaras Alam Mampu Produksi Kopi Arabika Premium
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Di lereng Gunung Marapi, tepatnya di Kenagarian Lasi, Kecamatan Canduang, 45 petani yang tergabung dalam komunitas Selaras Alam, sukses memproduksi kopi jenis Arabica Premium.

Ketua Komunitas Selaras Alam, Suardi Mahmud mengatakan, kopi kelas wahid tersebut berhasil diproduksi kendati kapasitasnya belum memadai.

"Masih kecil produksi kita, sekitar 40-50 kilogram per bulan," kata Suardi, Rabu (17/8/2016).

Akibat kurangnya produksi, para petani kopi Selaras Alam yang memulai menanam kopi sejak 2013 silam, kesulitan memenuhi permintaan pasar. "Yang minat banyak. Tapi, yang tersedia tak seberapa," tambah Suardi.

Suardi menilai, kapasitas produksi yang kecil itu disebabkan beberapa faktor seperti kecilnya lahan yang tersedia sehingga sedikit berpengaruh terhadap hasil panen. "Lahan kami cuma 25 hektar. Masih terlalu kecil," ujar Suardi kepada wartawan.

Jika kapasitas produksi meningkat, Suardi amat yakin, kopi ini bisa bersaing, sebab jenis atau rasa kopi yang ditanami di ketinggian 1300 mdpl ini berbeda dari yang beredar di pasar.

Sementara, Mantan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Barat sekaligus Aktivis Pertanian, Ir Djoni menyarankan, petani Selaras Alam harus memperluas lahan guna menggenjot jumlah produksi.

"Mutu produk ini sudah bagus, sudah sesuai standar pengelolaan. Ke depan, harus tambah tanam demi meningkatkan hasil," sarannya. (cr6)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024