Oleh Istri Penemu, Bunga Rafflesia yang Mekar Sempurna Sempat Dikira Plastik

Jumat, 05 Agustus 2016, 22:00 WIB | Wisata | Kab. Agam
Oleh Istri Penemu, Bunga Rafflesia yang Mekar Sempurna Sempat Dikira Plastik
Inilah bunga raflesia yang tengah mekar di Bukit Baka, Jorong Kuruak, Nagari Salo, Kecamatan Baso, Agam. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tanpa diketahui banyak orang, rupanya ada bunga bangkai raksasa tengah mekar di sebuah hutan di Jorong Kuruak, Kenagarian Salo, Kecamatan Baso, Agam.

Tumbuhan yang tidak memiliki batang ini, baru diketahui keberadaannya sejak Kamis (4/8/2016) kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Penemunya, pasangan suami-istri, Nasrul St Basa (61) dan Lizawati (48).

"Awalnya, saya dan suami hendak pergi ke hutan, untuk melihat tempat penampungan air. Tak disangka, saat tengah istirahat, saya melihat sesuatu benda aneh dengan ukuran cukup besar dan berwarna kemerahan di balik semak-semak. Tadinya, saya kira itu cuma plastik," cerita Lizawati, Jumat (5/8/2016).

Namun, bentuk benda tersebut yang cenderung agak bulat, membuat ibu empat anak ini jadi penasaran. Lantas, benda tersebut dilaporkan ke suaminya. Akhirnya, terkuak jika benda itu merupakan bunga langka Rafflesia yang sudah kesohor itu.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Seumur hidup, baru pertama kali saya melihat bunga ini. Namun, saya yakin inilah bunga Rafflesia itu karena baunya menyengat dan dipenuhi lalat hijau," kata Nasrul St Basa kepada valora.co.id dengan penuh semangat. (Baca: Ini Foto-foto Bunga Raflesia yang Mekar Sempurna di Bukit Nagari Salo)

Namun, pasangan suami istri tersebut tak bisa berlama-lama di lokasi, karena bunga nan tengah mekar itu berbau busuk.

"Saya dipaksa istri untuk segera turun, karena bau bunga ini bikin perut mual," cerita Nasrul.

Sebelum turun, tak lupa sang istri mengabadikan bunga tersebut ke kamera ponselnya, sehingga bisa menjadi bukti otentik tentang keberadaan bunga misterius tersebut.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

"Tentu kami tak mau disebut berbohong oleh masyarakat sekitar. Ini buktinya," kata Lizawati seraya menunjukkan foto bunga tersebut dalam kamera ponselnya. (cr6)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: