Pemkab Pessel Setujui Dana Pilkada Rp23,5 Miliar

Jumat, 22 Mei 2015, 18:09 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Pemkab Pessel Setujui Dana Pilkada Rp23,5 Miliar
Bupati Pessel, Nasrul Abit, Editiawarman (Wabup Pessel), Epaldi Bahar (ketua KPU Pessel), saat menghadiri bimbingan teknis bagi PPK pada 22-23 Mei 2015 di Painan. (Humas KPU Pessel)

VALORAnews -- Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengungkapkan, anggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015, telah disepakati sebesar Rp23,5 miliar. Awalnya, KPU mengajukan kebutuhan anggaran pembiayaan pilkada yang digelar serentak dengan 10 kabupaten, dua kota dan provinsi, sebesar Rp31 miliar.

"Dengan telah finalnya anggaran Pilkada Pesisir Selatan, KPU akan segera menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dengan anggota PPK di 15 kecamatan yang ada di Pessel. Anggota PPK yang telah dipilih ini, adalah orang-orang yang memang memiliki kemampuan dan integritas baik," ujar Epaldi Bahar, Jumat (22/5/2015) di Painan.

Dengan bimtek ini, PPK diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terutama dalam merekrut Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)m untuk merampungkan daftar pemilih sementara (DPS).

"Kita sangat berharap, anggota PPK dalam menjalankan tugas dapat bersikap netral dan profesional. Sebab dalam tugasnya nanti akan banyak intervensi dan tekanan. Tak ada alasan untuk bermain mata dengan kandidat atau tim sukses. Karena itu melanggar hukum," tegasnya.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Ditambahkan Epaldi, anggota PPK bekerja membantu tugas KPU dalam mempersiapkan tahapan pemilihan nantinya. Apalagi, proses pilkada sangat rentan dengan penyimpangan, godaan dan memiliki potensi dibajak oleh individu-individu yang tidak bertanggungjawab.

"Setiap penyelanggara Pilkada, nantinya akan dihadapi dengan banyak persoalan. Namun diharapkan pada para anggota PPK, untuk dapat menyelesaikan permasalah itu sesuai aturan yang ada," tutupnya. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: