Kendalikan Inflasi Selama Ramadhan, Pemko Atur Strategi

Kamis, 02 Juni 2016, 16:17 WIB | News | Kota Padang
Kendalikan Inflasi Selama Ramadhan, Pemko Atur Strategi
Kabag Perekonomian Setdako Padang, Edi Dharma, menyampaikan laporan pada kegiatan rakor bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Padang dan TPID Sumbar. (humas)

VALORAnews - Pemko Padang mengatur strategi untuk menggendalikan laju inflasi selama Ramadhan nanti. Selain memastikan pasokan sejumlah kebutuhan pokok, Pemko juga mengantisipasi lonjakan harga sembako selama bulan ramadhan hingga lebaran nanti.

Asisten II Eyviet Nazmar menyebutkan, ramadhan tahun ini ketersediaan stok pangan berupa beras, terigu, gula dan lainnya terlihat masih mencukupi. "Untuk itu kepada masyarakat Kota Padang, tidak usah khawatir terkait ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan hingga lebaran nanti. Dimana inflasi di Padang tahun kalender 2016 menunjukkan angka 0,12 persen dan pada Mei ini sedikit naik menjadi 0,37 persen," ujar Eyviet saat rakor bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Padang dan TPID Sumbar.

Eyviet menyampaikan, pengendalian inflasi merupakan hal penting, karena jika inflasi tidak terkendali maka akan berdampak pada ketimpangan ekonomi secara umum.

"Inilah tujuannya TPID Kota Padang melakukan Rakor semester pertama 2016 di awal Ramadhan ini. Tujuannya tentu, bagaimana mengantisipasi ketersediaan stok pangan dan menjaga kelonjakan harga sembako khususnya selama Ramadhan hingga lebaran. Untuk ini TPID Kota Padang akan siap turun ke pasar-pasar, guna memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok nantinya," sebut Eyviet.

Baca juga: Erman Safar Bagikan PKH dan Program Sembako Triwulan II, Terbesar Dapat Rp2,8 Juta

Kabag Perekonomian, Edi Dharma menyebutkan, Rakor TPID semester pertama pada 2016 ini diadakan untuk memaksimalkan tindak lanjut rekomendasi kerja TPID Padang di tahun lalu. Di samping itu juga mengingat perlunya koordinasi dan penetapan langkah-langkah strategis dalam menekan inflasi terutama selama Ramadhan hingga lebaran di tahun ini.

"Rakor ini diharapkan menghasilkan beberapa rekomendasi terutama dalam mencegah kenaikan inflasi secara komprehensif. Yaitunya dalam mengendalikan barang pokok melalui ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi ekspektasi. Sehingga dengan itu, kita bisa mendapatkan solusi terkait apabila terjadi permasalahan potensi inflasi nantinya," sebut Edi.

Rakor TPID Kota Padang semester pertama tahun 2016 yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang ini, juga dihadiri pejabat terkait di Pemprov Sumbar, BPS Padang, pimpinan perusahaan dan pelaku usaha yang ada di Padang. (rel)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: