Dinkes Agam Lakukan Gerakan Sejuta Jamban

Jumat, 20 Mei 2016, 21:18 WIB | Wisata | Kab. Agam
Dinkes Agam Lakukan Gerakan Sejuta Jamban
Dandim 0304/Agam, menyerahkan toilet jongkok pada Dinkes Agam untuk dimanfaatkan dalam program Gerakan Sejuta Jamban, Jumat (20/5/2016) di Lubukbasung. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinkes Agam kembali membuat terobosan dengan "Gerakan Sejuta Jamban" bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam.

"Tahun ini kita menargetkan memberikan bantuan jamban bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 400 jamban," kata Kadinkes Agam dr Indra di Lubuk Basung, Jumat (20/5/2016).

Ia menjelaskan, hal ini dilakukan guna meningkatkan cakupan akses masyarakat terhadap jamban sehat. Sebelumnya kegiatan ini sudah diawali pada pada 2015 yang dilaksanakan di 16 kecamatan dengan memberikan bantuan jamban bagi keluarga kurang mampu di daerah itu.

"Gerakan Sejuta Jamban ini merupakan kelanjutan pada tahun 2015, saat itu, kita telah menyalurkan sebanyak 360 jamban kepada warga di 16 kecamatan," katanya

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Disamping itu, petugas puskesmas dan Komando Distrik Militer selaku pelaksana lapangan bekerjasama dalam membuatkan jamban percontohan di jorong yang tingkat kemiskinan cukup tinggi dan akses jamban sehat yang rendah.

"Ini penting dilakukan agar setiap rumah di setiap jorong memiliki jamban yang sehat," katanya.

Pihaknya mengharapkan, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, karena walau bagaimanapun jamban sehat adalah cermin kepribadian bangsa, bersih dan sehat jambannya, sehat masyarakatnya.

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: