Seekor Beruang Madu Diamankan BKSDA Sumbar

Selasa, 17 Mei 2016, 00:41 WIB | News | Kota Padang
Seekor Beruang Madu Diamankan BKSDA Sumbar
Inilah beruang madu yang diamankan petugas BKSDA Sumbar, dari seorang warga ung Lalang RT 5/RW II Kelurahan Pasar Ambacang, Senin (16/5/2016). (vebi rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Setelah empat tahun dipelihara warga, seekor beruang madu diambil petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Senin (16/5/2016). Menurut Kasat pOlhut BKSDA Sumbar, Zulmi Gusrul, pengambilan ini sudah seizin pemeliharanya.

"Mereka sebenarnya sudah lama ingin menyerahkan primata tersebut, tapi tidak tahu hendak menyerahkannya kepihak siapa," ujar Zulmi Gusrul, terkait penyitaan hewan tersebut.

Beruang madu ini, dipelihara oleh sebuah keluarga di Kampung Lalang RT 5/RW II Kelurahan Pasar Ambacang. Menurut informasinya, beruang madu tersebut didapat pemiliknya dari seseorang ketika masih bayi.

Primata pemakan buah, serangga dan madu ini dipelihara dalam kerangkeng besi yang telah mulai rusak. Menurut pemiliknya, sehari-hari hewan ini diberi makan nasi layaknya manusia.

Baca juga: Harimau Sumatera Direkam Satpam di Siak, Warga Diminta Hindari Jam Aktif Sore hingga Pagi

Selanjutnya primata tersebut dievakuasi ke kantor BKSDA Sumbar di Jl Khatib Sulaiman. "Kami akan rehabilitasi dulu sebelum dilepas liarkan. Karena, dari bayi dia sudah terbiasa dengan manusia, dikhawatirkan tidak mampu beradaptasi dengan alam liar kalau langsung dilepaskan," pungkas Zulmi.

Proses evakuasi ini juga sempat jadi tontonan warga. Karena, beruang madu ini memiliki ukuran badan cukup besar. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: