Layanan Disdukcapil Pasbar Mengecewakan

Jumat, 13 Mei 2016, 09:58 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Layanan Disdukcapil Pasbar Mengecewakan
Suasana pelayanan di kantor Disdukcapil Pasaman Barat. Pengalaman warga, mengurus dokumen kependudukan di kantor itu terkesan dipersulit. (humas)

VALORAnews - Sejumlah masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), keluhkan lambannya pelayanan pembuatan kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran di kantor Dinas Catatan Sipil (Capil) Pasbar.

Keluhan masyarakat ini, umumnya disebabkan janji serta alasan oleh oknum pegawai Dinas Capil untuk menyelesaikan pengurusan dokumen kependudukan itu hingga dua minggu, tidak kunjung terselesaikan. Seperti yang diungkapkan seorang warga Pasbar Fahrizal. Dia menyebut, tidak memahami ada masalah apa dalam pengurusan ini, masyarakat hanya ingin pelayanan cepat.

"Saya sudah dua minggu mengurus KK dan dikasih tanda terima oleh oknum pengawai Capil Pasbar, sebagai bukti kalau saya telah mengurus. Tapi, pas saya kembali untuk mengambil KK saya, petugasnya bilang belum siap," ungkapnya. Fahrizal, Kamis(12/5/2016).

Hal senada diungkapkan M Iksan. Dia mengeluhkan oknum petugas Dinas Catatan Sipil yang bertugas membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). "Saya sudah mendapatkan rekomendasi dari camat, untuk merekam KTP di Capil karna mesin rekam data e-KTP di kecamatan rusak," ungkapnya.

Baca juga: DISDUKCAPIL Pessel Prioritaskan Penerbitan Dokumen Korban Bencana

Tapi, petugas perekam KTP tidak ditempat padahal dia sudah dari pagi antri di sana. "Malah salah seorang staf di Capil menyuruh lagi agar di rekan di kecamatan. Kan aneh, tambahnya.

Begitu juga dikatakan Syafni, warga sasak. Dia sangat menyayangkan sikap oknum petugas catatan sipil Pasbar yang tak beretika tata bicaranya. "Kami masyarakat biasa, jangan kami dibodoh-bodohi," katanya ketika adu argumentasi dengan oknum petugas capil tersebut.

"Kedepan, kami berharap agar tidak ada lagi kejadian serupa. Kalau perlu, oknum yang tak beretika itu di pindahkan," pintanya dengan nada kecewa. (pl2)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: