Pohon Andalas Ditanam di Ambon

Rabu, 06 Mei 2015, 22:04 WIB | News | Kota Padang
Pohon Andalas Ditanam di Ambon
Wako Padang, H Mahyeldi beserta Ny Harneli Bahar dan Sekda Nasir Ahmad, menanam pohon Andalas di Lantamal IX Ambon, dalam rangakaian kegiatan Rakernas Apeksi di Ambon, Rabu (6/5). (Humas Pemko Padang)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tanaman hutan yang jadi maskot Sumatera Barat, pohon Andalas (Morus Macroura Miq) akhirnya tertanam di Kota Ambon, Maluku. Bibit pohon Andalas itu ditanam Walikota Padang, H Mahyeldi dalam agenda kegiatan Rakernas Apeksi 2015 di Ambon pada 5-7 Mei 2015.

Pada agenda penanaman bibit tanaman khas seluruh daerah peserta Rakernas Apeksi di Lantamal IX Ambon, Rabu (6/5) pukul 07.30 WIT, Mahyeldi menanam pohon Andalas di lubang yang telah disediakan. Selain itu, seluruh walikota yang hadir, juga ikut menanam bibit tanaman khas daerah masing-masing di lokasi tersebut.

Mahyeldi cukup senang dan bangga, dengan telah ditanamnya pohon Andalas di bumi Ambon. "Mudah-mudahan dengan ditanamnya bibit pohon Andalas ini, akan mengingatkan Ambon dengan Kota Padang," kata Mahyeldi usai penanaman pohon.

Mahyeldi menyebut, penghijauan memang harus dilakukan di setiap kota. Karena dengan penghijauan itu akan meningkatkan pelestarian hidup. "Alhamdulillah, lewat penghijauan yang kita lakukan, Padang meraih penghargaan sebagai Kota Langit Biru. Itu tandanya penghijauan di Kota Padang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Sementara, Ketua Pengurus Pusat Apeksi, Vicky Lumentut mengatakan Apeksi telah ikut mentradisikan pelestarian lingkungan hidup dan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon khas daerah masing-masing. Bibit pohon itu dibawa daerah masing-masing peserta Apeksi untuk kemudian ditanam di kota pelaksana Apeksi.

"Tujuan kita yakni ikut bersama dalam melakukan program dunia pelestarian lingkungan hidup dan sekaligus memperkenalkan kota-kota di Indonesia melalui penanaman pohon khas di kota yang di tuju," papar Wako Manado ini.

Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Nurhidayat menyebut, lokasi penanaman merupakan tempat yang cukup aman dan strategis. Sebab, dulunya saat terjadi kerusuhan di Ambon, seluruh tanaman yang ada di Lantamal tidak rusak.

"Tanaman di sini tumbuh segar. Masyarakat yang datang ke sini juga bisa melihat langsung tanaman dari seluruh Indonesia. Kami akan merawat tanaman ini," paparnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

Pohon Andalas yang ditanam Mahyeldi merupakan salah satu bahan untuk membangun rumah adat di Minangkabau. Pohon Andalas dijadikan tiang utama, landasan lantai dan dinding Rumah Gadang Minangkabau. Pohon Andalas ini terbilang cukup sulit ditemukan di hutan-hutan di Sumatera dan Jawa. (relis)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: