Mahyeldi: Ilegal Logging Dipastikan Ada

Kamis, 07 April 2016, 19:58 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi: Ilegal Logging Dipastikan Ada
Wako Padang, Mahyeldi didampingi Isril Berd (pakar lingkungan Unand), saat diskusi bersama Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) di Saung Meeting BPA Padang, Sungai Lareh, Kamis (7/4/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi memastikan aktivitas illegal logging masih terjadi di Kota Padang. Bahkan, dia menduga banjir yang melanda 22 Maret 2016 lalu, disebabkan pembabatan hutan secara ilegal oleh oknum masyarakat.

Hal itu diungkap Mahyeldi saat diskusi bersama Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) di Saung Meeting BPA Padang, Sungai Lareh, Kamis (7/4/2016).

"Kita menurunkan tim untuk memeriksa hulu sungai kita. Dan berdasarkan laporan sementara ada longsoran yang menghambat saluran sungai sehingga mengakibatkan air tergenang. Genangang ini di banyak titik," kata Mahyeldi.

Dia memastikan, terjadinya longsoran tersebut dikarenakan ilegal logging yang dilakukan oleh oknum masyarakat. Hal ini terlihat pada saat terjadinya banjir lalu. Dimana saat banjir itu cukup banyak kayu yang hanyut ke bawah menuju pemukiman warga. "Ilegal logging dipastikan ada," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

Bukti lain penyebab banjir besar akibat ilegal loging yakni jebolnya jembatan di Sungai Bangek karena adanya batang kayu besar mengantam jembatan tersebut. Kayu besar dengan akarnya itu hanyut dibawa air Sungai Batang Kandih dan merusak sejumlah infrastruktur.

Menurutnya, pelaku ilegal loging ini sengaja merusak hutan dan memotong kayu untuk menguasai lahan di lokasi tersebut. "Ini yang namanya pengrusakan hutan, kayu dipotong untuk menguasai tanah. Ini harus dievaluasi, kita akan lihat datanya siapa, dan perlu dilakukan langkah untuk meminimalisir ilegal loging. Kita perlu bersinergi dan mengumpulkan kekuatan penuh," katanya. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: