Atasi Macet Parah: Drainase di Jati Diganti dengan Gorong-gorong Beton, di Atasnya Dibangun Jalan

Kamis, 17 Maret 2016, 13:09 WIB | News | Kota Padang
Atasi Macet Parah: Drainase di Jati Diganti dengan Gorong-gorong Beton, di Atasnya...
Ilustrasi box cluverts.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Saluran drainase di Jl Perintis Kemerdekaan (Jati-red) yang membentang mulai dari jembatan Tamansiswa hingga pertigaan Sawahan, bakal dipasang box culvert atau gorong-gorong yang terbuat dari beton. Lalu, di atasnya dibangun jalan sehingga bisa mengurai kemacetan parah yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut.

"Mengatasi kemacetan di kawasan Jati ini, tidak ada pilihan lain selain membuat jalan baru. Solusinya, Sungai Jati ditutup dengan box culvert dan di atasnya dibangun jalan," tutur Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang, Rudy Rinaldi kepada wartawan, Rabu (16/3/2016).

Menurutnya, teknik pemasangan box culvert ini akan lebih efektif dan efesien. Karena, jika memperlebar jalan melalui pembebasan lahan, akan memakan waktu lama seperti saat pembebasan lahan jalur Alai-Bypass yang membutuhkan waktu hingga 13 tahun.

"Sementara, kondisinya mendesak," urainya.

Teknologi box culvert itu, terang Rudi, masih akan membuat aliran Sungai Jati tetap lancar. Selain itu, di atas box culvert juga bisa dibangun dua lajur jalan.

"Sehingga, Jl Perintis Kemerdekaan itu empat lajur dua arah," sebut Rudy.

Berdasarkan hasil survei lalu lintas, ungkap Rudi, saat ini pada jam padat, kecepatan pengendara melewati Jl Perintis Kemerdekaan hanya sekitar 20 kilometer per jam.

"Padahal volume lalu lintas yang lewat jalan itu jauh melebih kapasitas jalan sehingga terjadi kemacetan," tukuknya.

Hal ini diperparah lagi dengan banyaknya kendaraan yang parkir di pinggir jalan. Sehingga jalan semakin sempit. "Saat ini, box culvert itu tengah dalam proses pembuatan detail oleh Dinas Pekerjaan Umum," ungkap Rudi. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: