UTD RSUD Lubukbasung Miliki 200 Pendonor

Jumat, 04 Maret 2016, 12:29 WIB | Wisata | Kab. Agam
UTD RSUD Lubukbasung Miliki 200 Pendonor
Petugas UTD RSUD Lubuk Basung tengah memeriksa kesehatan salah seorang pendonor darah (humas)

VALORAnews---Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, siap melayani lima pendonor darah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan pasien. Saat ini, UTD memiliki sebanyak 200 pendonor terdaftar untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah setiap bulan.

"Saat ini jumlah darah di UTD RSUD Lubuk Basung hanya tinggal sebanyak lima kantong darah," kata Kepala Bidang Penunjang UTD RSUD Lubuk Basung Hesfianti, Kamis (3/3/2016).

Ia menjelaskan, dalam melakukan pengambilan daerah kepada pendonor ini dilakukan sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku. Disamping itu, mereka juga dianjurkan dulu untuk mengisi kuisoner dalam mengetahui kondisi pendonor.

Sementara itu, Kepala Ruang, Hilma mengakui, permintaan darah di UTD RSUD Lubuk Basung bisa mencapai sebanyak 60 sampai 80 kantong setiap bulannya. Permintaan darah ini berasal dari pasien di RSUD Lubuk Basung dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Rizki Bunda.

Baca juga: SJS Plaza Layani Kegiatan Donor Darah Malam Hari Selama Ramadhan 1445 H, Ini Kata Gubernur Sumbar

Untuk mengatasi kekurangan ini, UTD RSUD Lubukbasung menganjurkan keluarga pasien untuk menghubungi pendonor sukarela. Pendonor sukarela ini, tambah dia, berasal dari anggota Satpol PP Kabupaten Agam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Polres Agam, PMI dan lainnya.

"Mereka ini merupakan pendonor aktif yang menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan," katanya.

Pihaknya juga mengimbau kepada instansi pemerintah di Kabupaten Agam yang bisa mendonorkan darahnya agar datang ke UTD RSUD. (rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: