Agam Kekurangan 314 Kontainer Sampah

Jumat, 19 Februari 2016, 10:35 WIB | Wisata | Kab. Agam
Agam Kekurangan 314 Kontainer Sampah
Ilustrasi.

VALORAnews - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Agam baru memiliki sebanyak 86 unit container untuk melayani pengangkutan sampah di sembilan kecamatan dari 16 kecamatan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerja Umum Agam Azwir mengatakan, jumlah tersebut masih jauh dari total kebutuhan sebanyak 400 kontainer. "Artinya kami masih kekurangan sebanyak 314 unit kontainer agar bisa melayani seluruh daerah di 16 kecamatan diwilayah itu," kata Azwir, Jumat (19/2/2016).

Sementara pada 2016 ini DPU hanya mampu mengalokasikan anggaran untuk penambahan armada sebanyak empat unit saja. Meski demikian, kata Azwir, pihaknya tetap mengupayakan pelayanan kebersihan sampah untuk seluruh kecamatan di Agam.

Selain kontainer sampah, saat ini Agam juga membutuhkan sekitar 31 unit mobil truk sampah, becak motor sekitar 18 unit dan sekitar 330 petugas kebersihan.

"Kami masih kekurangan kontainer, mobil truk dan petugas untuk melayani sampah di 16 kecamatan," katanya.

Saat ini, tambah Azwir, Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerja Umum Agam hanya memiliki sembilan unit mobil truk, dua unit becak motor dan 70 anggota kebersihan. Ke 70 anggota kebersihan itu terdiri dari harian lepas sebanyak 40 orang, PTT sebanyak 20 orang, kontrak sebanyak 2 orang dan PNS sebanyak 18 orang.

"Walaupun keterbatasan personil dan peralatan operasional dalam melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah. Namun tetap berjalan lancar dan maksimal," katanya.

Untuk mengatasi kekurangan ini, pihaknya telah mengajukan penambahan kontainer, mobil dan petugas. "Kami akan mengajukan penambahan setiap tahun, sehingga pelayanan sampah ini bisa maksimal dan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi sampah akan lebih banyak," katanya. (cr6/rel)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: