Lantik Bupati Walikota, Gubernur akan Sepakati MoU Kebencanaan

Rabu, 17 Februari 2016, 09:41 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Lantik Bupati Walikota, Gubernur akan Sepakati MoU Kebencanaan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meninjau lokasi banjir di Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (16/2/2016) (humas)

VALORAnews---Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akan melakukan MoU dengan Bupati dan Walikota terkait dengan penanggulangan kebencanaan. Penandatangan MoU tersebut akan dilakukan usai pelantikan bupati dan walikota, Rabu (17/2/2016) hari ini.

"Kita tahu daerah sumbar sangat rentan dengan bencana. Untuk itu kita perlu melajukan MoU. Diharapkan, penanganan bencana di Sumbar bisa berjalan dengan baik dan korban dapat diminimalisir," ujar Irwan Prayitno saat meninjau bencana alam di Limapuluh Kota, Selasa (16/2/2016) kemarin.

Dikatakan, daerah sumbar sering di timpa gempa yang berskala kecil, ini membuat kondisi tanah dan bukit terganggu. Tingginya intensitas hujan mengakibatkan rengkahan akibat gempa tadi di isi air hujan. Rengkahan tadi lah salah satunya penyebab longsor.

Dalam kunjungannya, IP juga memberikan bantuan berupa beras, Pakaian dan uang dari Baznas, untuk korban bencana. Di Kabupaten Lima Puluh Kota ada tujuh kecamatan yang dilanda musibah yaitu Kecamatan Gunung Ameh. Kecamatan Pangkalan, Kecamatan Kapur IX, Kecamatan Bukit Barisan, Kecamatan Suliki, Kecamatan Guguak dan Kecamatan Payakumbuh. Banyak fasilitas umum yang rusak seperti jembatan, rumah sekolah, lahan pertania dan perkantoran.

"Sementara kebutuhan yang menjadi prioritas seperti obat-obatan, tenaga medis, Pakaian bayi. Lampu penerangan, sembako dll," kata Asisten III Kab Lima Puluh Kota Erian.

Ditambahkanya selama tangap darurat kita juga dibantu Baznas, Kadis Sosial, PU, PSDA, bank nagari dan sebagainya. "Kita juga telah membuat proposal ke provinsi maupun ke BNPB," ucapnya. (rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: