Jelang Pekan Imunisasi Nasional, Dinkes Stok Vaksin

Kamis, 28 Januari 2016, 11:06 WIB | Wisata | Kab. Agam
Jelang Pekan Imunisasi Nasional, Dinkes Stok Vaksin
Ilustrasi

VALORAnews---Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mulai melakukan persiapan dan mengsukseskanPekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada Maret 2016 di pelayanan kesehatan dan Posyandu di daerah itu.

"PIN Polio merupakan program nasional, juga dipersiapkan pemberian Vitamin A kepada bayi dan balita yang akan digelar pada Februari dan Agustus 2016," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Indra di Lubuk Basung, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk kegiatan awal dilakukan penyuluhan kepada warga termasuk menyiapkan tenaga medis dan paramedis sampai vaksin. Pihaknya menginginkan kepada orang tua untuk membawa bayi dan balita ke posyandu untuk pemberian Vaksin Polio serta Vitamin A bagi bayi dan anak Balita. Ini merupakan program nasional.

"Saat ini, sebanyak 23 Puskesmas di Kabupaten Agam telah memasang imbauan dan spanduk PIN Polio dan Vitamin A di Puskesmas," katanya.

Baca juga: 43.722 Balita di Agam Telah Divaksin Polio

Agar kegiatan ini berjalan lancar, lanjut Indra, pihaknya telah melakukan monitoring kesediaan stock Vitamin A di 23 puskesmas di Kabupaten Agam. Kegiatan ini dilakukan untuk persiapan pendistribusian Vitamin A diseluruh posyandu dan pelayanan kesehatan lainnya pada bayi 6 - 11 Bulan dan anak balita 12 -59 bulan pada Februari 2016.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada masyarakat di Kabupaten Agam agar antusias membawa bayi dan balitanya ke Posyandu terdekat dan pemberian Vit A yang tepat sasaran dan tepat guna,

"Puskesmas juga telah mulai melakukan penyuluhan kepada warga tentang manfaat pemberian vaksin Polio serta Vitamin A bagi bayi dan anak balita," katanya.

Untuk itu, diharapkan program ini bisa berjalan dengan baik dan bayi maupun balita di Agam bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan kekurangan Vit A dan cacat akibat virus polio, sehingga terciptalah generasi yang memiliki tubuh yang kuat dan sehat. (rel)

Baca juga: Padang Target Imunisasi Polio 100 Persen

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: