Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam

Rabu, 23 Oktober 2024, 06:45 WIB | News | Nasional
Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam
Wakil Ketua DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (22/10/2024) - Wakil Ketua DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal menekankan, ada banyak tantangan yang dihadapi dunia santri saat ini baik yang bersifat sosial, ekonomi, budaya maupun politik.

Salah satunya, adalah munculnya banyak isu negatif terkait oknum di Pesantren yang belakangan marak terjadi.

"Maka, pendidikan karakter (character building) sangat penting bagi para santri kita," ungkapnya.

Hal itu dikatakannya, menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-10 tahun 2024. Ia juga mendorong pesantren meningkatkan upaya menghasilkan santri-santri modern di tengah kemajuan zaman saat ini.

Baca juga: HARI SANTRI 2023: Sekda Pessel Pimpin Upacara di Pondok Pesantren Iqra

"Saya atas nama pribadi dan DPR mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 2024 kepada seluruh santri dan komunitas pesantren di Indonesia. Kontribusi santri sangat besar dalam pembangunan bangsa," kata Cucun Ahmad Syamsurijal, Selasa.

Pada peringatan ini, Cucun menilai ada banyak hal yang dapat direnungkan kembali terkait kontribusi santri di Tanah Air.

"Menjadi panggilan bagi kita semua untuk meneladani semangat perjuangan yang telah diwariskan oleh para ulama dan santri-santri terdahulu," tutur pimpinan DPR yang juga tumbuh besar di lingkungan pesantren itu.

Pola pembangunan karakter tak hanya menjadi inti dari tujuan pendidikan nasional, tapi juga inti dalam pendidikan Islam sebagaimana dikemukakan oleh ulama dan cendekiawan Mesir, Muhammad Athiyah al-Abrasyi yang menyatakan 'sesungguhnya pendidikan akhlak adalah ruh pendidikan Islam.'

Baca juga: Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Upacara Peringati Hari Santri

Cucun mengatakan, metode character building atau pembangunan karakter harus jadi prioritas dalam pembelajaran bagi para santri sehingga tujuan dalam UU No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dapat terwujud, yakni bagaimana pesantren menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat dengan baik.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024