Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam

Rabu, 23 Oktober 2024, 06:45 WIB | News | Nasional
Hari Santri Nasional ke10, Cucun: Pendidikan Akhlak Ruh Pendidikan Islam
Wakil Ketua DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Banyaknya isu berkaitan dengan masalah krisis moral oknum di pesantren harus menjadi catatan bagaimana implementasi UU 18/2019 dan kehadiran Pemerintah dalam pembinaan dan evaluasi harus berjalan, sehingga entitas pesantren tidak jadi korban," paparnya.

Cucun menambahkan, UU No 18 Tahun 2019 harus menjadi sarana agar pesantren dapat menjadi wahana pendidikan karakter dan pembinaan moral di dalam masyarakat dan di sekitar lingkungan pesantren itu sendiri.

"Pola bimbingan dan character building di pesantren dapat menciptakan santri sebagai manusia yang memiliki kekuatan iman dan ilmu. Di dalam iman, termuat juga soal akhlak karena memiliki ilmu tanpa akhlak pastinya akan sia-sia," sebut Cucun.

Baca juga: Kesenian Kreasi Ponpes Nurul Huda Meriahkan Pembukaan HSN Tingkat Sumbar

Doktor administrasi publik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) itu berharap, para santri terus melanjutkan perjuangan pendahulunya dengan berpegangan pada iman dan ilmu.

Cucun menyebut, santri memiliki tugas mulia lewat berbagai perannya, seperti berdakwah dan pemberdayaan masyarakat.

"Santri merupakan tunas-tunas bangsa yang akan menjadi andalan pembangunan nasional. Oleh karena itu santri harus bertumbuh menjadi individu yang memiliki manfaat untuk sesama dan bagi bangsa serta negara," ujar Legislator dari Dapil Jawa Barat II itu.

Selain soal pendidikan karakter, Cucun juga menekankan pentingnya pesantren menghadirkan pendidikan vokasi bagi para santrinya.

Sebab, pola pendidikan vokasi sangat dibutuhkan di tengah kemajuan zaman yang menuntut SDM memiliki kemampuan di luar bidang akademik.

"Modal vokasi bisa meningkatkan daya saing santri di berbagai sektor kehidupan. Terutama dalam bidang ekonomi di mana santri juga memiliki peran membangun ekonomi kerakyatan," jelas Cucun.

Cucun pun memberi contoh sejumlah pesantren yang telah menghadirkan pola pendidikan vokasi. Seperti Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittifaq di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, yang memiliki fokus pada kegiatan pertanian atau agribisnis.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024