Raflis Akhiri Karir ASN dengan 9,5 Tahun jadi Sekretaris DPRD Provinsi, Ini Penilaian Sejawat dan Mitra

Sabtu, 05 Oktober 2024, 09:15 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Raflis Akhiri Karir ASN dengan 9,5 Tahun jadi Sekretaris DPRD Provinsi, Ini Penilaian...
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis saat berdialog dalam agenda podcast dewan, jelang memasuki masa pensiun, 1 Oktober 2024 lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Untuk maksimalnya kinerja, saya selalu tekankan pada seluruh jajaran agar profesional. Kita harus memastikan bahwa Sekretariat DPRD Sumbar ini benar-benar berfungsi sebagai supporting system bagi kerja-kerja anggota DPRD, kolaborasi menjadi hal utama yang harus berjalan," ujarnya.

Tekad Raflis jadi support system ini, dirasakan wartawan yang jadi mitra DPRD Sumbar dalam hal pemberitaan.

Di mata wartawan Metro RV, Bonnar Harahap, mantan loper koran --sebelum jadi PNS di Kantor Camat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pessel per 1 Februari 1986 -- itu, selalu menyediakan informasi yang dibutuhkan rekan-rekan media.

Baik itu berupa informasi yang sifatnya off the record, informasi latar belakang maupun informasi yang bersifat data-data.

"Tak salah, beliau meraih penghargaan Achievement Motivation Person (AMP), tokoh dianggap berperan aktif mendorong keterbukaan dan memberikan kemudahan informasi di tahun 2022 oleh KI Sumbar," ungkap Bonar.

Bonar mengaku, telah berinteraksi dengan Raflis sejak tahun 2001 lalu, saat masih berstatus staf salah satu komisi di sekretariat DPRD Sumbar. Selang 23 tahun berinteraksi, Bonar menilai sosok Raflis adalah pribadi yang ramah dan mudah senyum.

"Saat jadi staf Komisi, jika ada kunjungan ke daerah-daerah bersama dewan, dia rela belakangan mencicipi makanan dan minuman, asalkan wartawan dan tim lain lebih dulu," ungkap Bonar.

"Pernah kunjungan ke Kabupaten Pasaman, waktu itu Bupatinya Benny Utama, kami bagi dua makanannya di atas mobil," kenang Bonar.

Raflis SH MM, buah kasih dari pasangan H Ipis dan Hj Nurilas. Mengenyam pendidikan dasar dan menengah, lelaki kelahiran Lubuk Sarik, Kambang, 30 September 1964 di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan.

Raflis mengawali karir birokrat di Kantor Camat Koto XI Tarusan Pessel. Terhitung 1 Februari 1986, dia jadi Kepala Seksi Pemerintahan pada tahun 1995 hingga kemudian pindah tugas ke Pemprov Sumbar sebagai staf Setwan provinsi.

Kecapakannya, mengantarkan dia jadi Kasubag Rumah Tangga dan Perlengkapan pada tahun 2001 sampai dengan 2006. Pada periode 2006-2015 menjabat Kepala Bagian Umum hingga kemudian jadi sekretaris dewan hingga pensiun. (*)

Halaman:
1 2 3