Bawaslu Sumbar Ajak Semua Elemen Wujudkan Ekosistem Pemilihan yang Sehat, Jauh dari Polarisasi

Kamis, 26 September 2024, 21:47 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Bawaslu Sumbar Ajak Semua Elemen Wujudkan Ekosistem Pemilihan yang Sehat, Jauh dari...
Ketua Bawaslu Sumbar, Alni bersama dua orang calon wakil gubernur Sumbar, Vasco Ruseimy dan Ekos Albar, Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen serta Forkopimda pada Deklarasi Pengawasan Pilkada serentak 2024 di Padang, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Melalui Deklarasi Pengawasan Anti Hoax, Politisasi SARA dan Netralitas ASN pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 ini, Bawaslu Sumatera Barat mengajak seluruh pihak tanpa terkecuali, untuk dapat turut serta dalam mengawasi seluruh Tahapan Pemilihan tahun 2024," ajak Alni.

Dikatakan, Bawaslu Sumatera Barat juga mengimbau, agar kedua Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur dapat menebarkan aura positif dalam melaksanakan kampanye, sehingga keberlangsungan Pemilihan tanpa polarisasi tetap terjaga di Sumatera Barat.

"Bawaslu Sumatera Barat beserta jajaran, berkomitmen melakukan pengawasan secara melekat terhadap Tahapan Kampanye hingga selesai, dengan tetap mengedepankan upaya-upaya pencegahan agar seluruh proses sosialisasi program tiap pasangan kepala daerah dapat terlindungi dan terakomodir," terangnya.

Baca juga: Bawaslu Sumbar: Semua Perubahan Dokumen Harus Teradministrasi secara Narasi

Pengawasan Pungut-hitung serta Netralitas

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin menyatakan, Bawaslu fokus pada pengawasan tahapan kampanye dan pungut-hitung dalam Pilkada Sumbar 2024.

Pengawasan khusus terhadap netralitas ASN, TNI/Polri, serta potensi politisasi SARA dan hoax menjadi prioritas utama.

"Bawaslu berkomitmen untuk menciptakan Pilkada yang bersih dan bermartabat, bebas dari hoax, politisasi SARA, dan ketidaknetralan ASN, TNI, dan Polri," tutur Karnalis.

Deklarasi ini dibacakan dua calon Wakil Gubernur, Vasko Ruseimy dari pasangan Mahyeldi dan Ekos Albar dari pasangan Epyardi Asda.

Setelah pembacaan deklarasi, kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan gendang tasa dan penandatanganan papan deklarasi sebagai simbol komitmen bersama.

Pilar Penting Ciptakan Pilkada Sehat

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024