Bawaslu Sumbar Ajak Semua Elemen Wujudkan Ekosistem Pemilihan yang Sehat, Jauh dari Polarisasi

Kamis, 26 September 2024, 21:47 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Bawaslu Sumbar Ajak Semua Elemen Wujudkan Ekosistem Pemilihan yang Sehat, Jauh dari...
Ketua Bawaslu Sumbar, Alni bersama dua orang calon wakil gubernur Sumbar, Vasco Ruseimy dan Ekos Albar, Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen serta Forkopimda pada Deklarasi Pengawasan Pilkada serentak 2024 di Padang, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Plt Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumbar, Ari Rahman yang juga diundang dalam acara tersebut mengatakan, pentingnya langkah tersebut dalam menjaga kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya di Sumbar.

Menurutnya, langkah Bawaslu Sumbar ini sangat tepat di tengah maraknya penyebaran hoaks dan isu-isu sensitif berbasis SARA yang sering kali dieksploitasi selama masa kampanye.

"Bahwa deklarasi ini bisa menjadi pilar penting untuk menciptakan proses Pilkada yang sehat. Hoax dan politisasi SARA adalah dua senjata yang sering digunakan untuk meraih keuntungan politik instan, namun dampaknya bisa sangat destruktif bagi persatuan dan keharmonisan sosial," katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat tegas bagi semua aktor politik untuk bertindak bertanggung jawab menyampaikan dan mengatasi disinformasi sangat krusial, terutama di era media sosial yang sangat cepat dalam menyebarkan informasi, baik yang benar maupun salah.

Pada Pilgub Sumbar 2024 ini, terdapat dua pasangan calon yang bertarung. Pasangan calon nomor urut 1 adalah Mahyeldi yang berpasangan dengan Vasko Ruseimy, diusung oleh koalisi PKS, Gerindra, Demokrat, PBB, dan Partai Perindo.

Sementara pasangan calon nomor urut 2 adalah Epyardi Asda yang berpasangan dengan Ekos Albar, diusung oleh koalisi PAN, Golkar, Nasdem, PDIP, Partai Buruh, dan Partai Gelora.

Pemilihan akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024, di 10.846 TPS yang tersebar di 19 kabupaten/kota. Jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sumbar adalah sebanyak 4.103.084 pemilih. (*)

Halaman:
1 2 3
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024