Ada Wisata Rancak di Sungai Pisang

Minggu, 24 Januari 2016, 14:30 WIB | News | Kota Padang
Ada Wisata Rancak di Sungai Pisang
Suwarnadwipa, salah satu objek wisata Kota Padang yang sedang naik daun (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Segudang potensi wisata tersimpan di Kota Padang. Jika dihitung-hitung, sebanyak 19 pulau tersebar di perairan Kota Padang yang bisa dijadikan objek wisata untuk menarik wisatawan. Salah satu yang saat ini sedang naik daun adalah objek wisata Suwarnadwipa yang berada di Sungai Pisang Bungus Teluk Kabung.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan Sungai Pisang, merupakan tempat strategis untuk mencapai pulau-pulau yang ada di perairan Kota Padang. Karena itu, jalur dari dan menuju Sungai Pisang perlu diperancak agar akses pelancong menjadi mudah, utamanya menuju kawasan wisata Mandeh di Pesisir Selatan.

Terkait lokasi wisata Suwarnadwipa, Mahyeldi menyebut objek tersebut merupakan salah satu destinasi wisata terbilang baru di Padang. Pengelola objek wisata ini melibatkan masyarakat sekitar kawasan, seperti niniak mamak dan masyarakat lainnya.

Pengelola Suwarnadwipa Hendri menyebut, Padang termasuk 'surganya' Sumatera Barat. Karena itu, saat mengelola objek wisata ini dirinya komit untuk tetap mempertahankan konsep alami dan kultur etnik setempat.

"Sehingga pengunjung yang datang ke sini pada umumnya adalah wisatawan lokal," ujarnya.

Hendri, menekankan, sejak Suwarnadwipa berdiri, ekonomi masyarakat sekitar langsung menanjak. Sebab, jumlah perahu boat milik masyarakat yang langsir dari dan ke Suwarnadwipa terus meningkat. Dalam setahun, sekitar 120 unit boat masyarakat terus mengantarkan penumpang ke objek wisata ini.

Diakui Hendri, pada tahun 2015 lalu arus pengunjung ke Suwarnadwipa memang belum begitu ramai. Akan tetapi pada awal tahun 2016 ini terjadi peningkatan arus pengunjung. "Dalam sehari bisa 100 hingga 200 orang yang datang ke sini," terang lelaki asal Riau ini.

Hendri menyebut, pengunjung yang datang ke tempatnya pada umumnya wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara datang di bulan tertentu mulai April hingga September. "Pengunjung utamanya datang dari Sumbar dan provinsi lain," katanya. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: