Inspektorat Agam Gelar Probity Audit ke Proyek Strategis Daerah Tahun 2024

Selasa, 03 September 2024, 23:48 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Inspektorat Agam Gelar Probity Audit ke Proyek Strategis Daerah Tahun 2024
Inspektur Daerah Agam, Welfizal dan tim, meninjau pengerjaan proyek strategis daerah yakni pembangunan jembatan ke Masjid Sirah di Tiku, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Kemudian, Pembangunan Jembatan Simaruok dengan pelaksana PT Trisco Jaya Utama dengan Konsultan Pengawas PT Putra Aulia Konsultan.

Sebelumnya juga telah dilakukan Probity Audit terhadap pembangunan Jalan Paket I DBH Jalan Sp. Kaiu-Batu Rubiah (R.10.008) dengan Pelaksana PT Aura Mandiri Sejahtera dengan konsuntan Pengawas PT Putra Aulia Konsultan.

Pemeriksaan ini, terang dia, sejalan dengan peran APIP menurut Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) yang menyatakan bahwa APIP seharusnya berperan memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

Baca juga: Sekda Agam Matangkan Persiapan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Sirah di Tiku Selatan

Kemudian, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektifitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah (anti corruption activities) serta memberi masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kwalitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

Peran APIP tersebut menjadi sangat relevan dalam melakukan pengawasan atas pengadaan barang/jasa dalam rangka mengawal pencapaian tujuan pemerintahan.

Probity Audit ini ditujukan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa proses pengadaan barang/jasa Pembangunan rekonstruksi jalan dan jembatan tersebut tidak terjadi penyimpangan dan telah sesuai dengan probity requirement, yaitu telah mematuhi prosedur, prinsip-prinsip dan etika pengadaan barang/jasa berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Begitu juga terkait kinerja konsultan pengawas karena kegagalan atau kesuksesan sebuah proyek fisik tidak lepas dari pengawasan Konsultan Pengawas.

Dalam proses probity ini , tim akan memberikan pendapat dan saran perbaikan atas proses pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku kepada pengguna Anggaran.

Oleh sebab itu, keberhasilan probity ini juga sangat tergantung pada keterbukaan pemilik pekerjaan dalam memberikan informasi yang sebenarnya terhadap pelaksanaan pekerjaan.

Di samping melakukan pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan juga dilakukan pengujian terhadap hasil pekerjaan melalui uji labor pada laboratoriun yang dianggap berkompeten dalam mengeluarkan hasil uji seperti UPTD Laboratiorium bahan konstruksi Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Sumatera Barat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: