Danau Maninjau akan Dihijaukan

Sabtu, 23 Januari 2016, 11:29 WIB | Wisata | Kab. Agam
Danau Maninjau akan Dihijaukan
ilustrasi

VALORAnews---Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai(BPDAS) Agam Kuantan, bakal memberikan bantu kepada Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Dishutbun) Kabupaten Agam, untuk penghijauan di salingka Danau Maninjau seluas 50 hektar dengan jumlah anggaran sebesar Rp375 juta.

Hal itu dikatakan langsung oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan Usman saat berkunjung ke Dishutbun Agam, Selasa (19/1).

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam Yulnasri, mengatakan, berkat bantuan yang bakal diberikan, pihaknya bisa melakukan penghijauan di salingka Danau Maninjau yang selama ini berpotensi bencana.

Selain itu, Agam juga mendapatkan bantuan sepadan Danau Maninjau seluas 5 hektar dengan jumlah anggaran Rp50 juta. Namun Bpedas juga menawarkan untuk membuat hutan kota, dengan luas minimal seperempat hektar dan maksimal 10 hektar.

Baca juga: YHLI Ajak Anggota Porbbi Tanam 1.000 Tanaman Produktif di Salingka Danau Maninjau

"Untuk pembangunan hutan kota, sebelumnya kita melakukan berkoordinasi dengan pihak Bappeda Kabupaten Agam untuk menentukan dimana tanah yang bisa dibangun hutan kota ini," kata Yulnasri.

Lebih lanjut Yulnasri, mengatakan, pihaknya juga akan mengusulkan 15 Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepada BPDAS, sebab KBR ini salah satu penunjang program Agam Menyemai.

Selanjutnya, Yulnasri, mengharapkan pihak PLTA Maninjau juga ikut berperan dalam hal yang akan dilakukan ini. "Mari bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan salingka Danau Maninjau tersebut," katanya. (ham/rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: