PETANI PESSEL Diimbau Gunakan Pupuk Organik

Selasa, 23 Juli 2024, 21:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PETANI PESSEL Diimbau Gunakan Pupuk Organik
Bantuan pupuk organik terhadap Keltan Talang Balarik III, Nagari Talang Balarik, Kecamatan Rahul Tapan, Pessel, baru - baru ini. FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (23/7/2024) - Para petani di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, diminta untuk mulai beralih ke pupuk organik.

"Upaya untuk meningkatkan kualitas kesuburan lahan, serta mengurangi pencemaran lingkungan," ucap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Suraida, dalam relis dikirim Diskominfo Pessel, Selasa (23/7/2024).

Dia menjelaskan, penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan, serta mencegah degradasi lahan.

"Agar harapan itu bisa tercapai, sehingga tahun ini, kita kembali menyalurkan bantuan pupuk organik. Sebagaimana telah kita lakukan terhadap Kelompok Tani (Keltan) Talang Balarik III, Nagari Talang Balarik, Kecamatan Rahul Tapan, baru - baru ini," ujar Suraida.

Baca juga: Telah Dipatenkan: Siswa SMAK Padang Ciptakan Pupuk Organik dari Darah Sapi

Penyaluran bantuan pupuk organik tersebut, dilakukan oleh BPP setempat.

"Dan, saat penyaluran, kita juga berkesempatan menyampaikan (sosialisasi) kepada petani, tentang manfaat pupuk organik," ucapnya.

Pupuk organik, merupakan pupuk yang tersusun dari materi - materi makhluk hidup. Seperti: pelapukan sisa - sisa tanaman, hewan, dan manusia.

"Jadi, pupuk organik mengandung banyak bahan organiknya, dibanding kadar haranya. Dari itu, kita berharap kepada Keltan Talang Balarik III, untuk bisa menggunakan pupuk organik, sesuai petunjuk yang sudah kita sampaikan di lapangan," ujar Suraida. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: