Dharmasraya Tercatat sebagai Penyumbang Realisasi Inflasi Tertinggi Juni 2024

Kamis, 04 Juli 2024, 07:22 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Dharmasraya Tercatat sebagai Penyumbang Realisasi Inflasi Tertinggi Juni 2024
Kerusakan jalan di Lembah Anai jadi salah satu faktor pemicu inflasi periode Juni 2024. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Beberapa komoditas dominan yang mempengaruhi inflasi pada kelompok tersebut yaitu, cabai merah, beras dan cabai rawit dengan andil inflasi masing-masing sebesar 0,13%; 0,03%; dan 0,03% (mtm).

Meningkatnya harga aneka cabai, dipengaruhi oleh penurunan produksi akibat bencana banjir yang melanda daerah sentra produksi, sehingga terjadi gagal panen dan kerusakan lahan.

Selain itu belum beroperasinya jalan nasional utama Padang-Bukittinggi via Padang Panjang menyebabkan terganggunya distribusi yang turut mendorong biaya logistik.

Kelompok penyumbang inflasi Sumatera Barat selanjutnya adalah kelompok transportasi yang mengalami inflasi sebesar 0,48% (mtm) dengan andil inflasi 0,05% (mtm).

Komoditas dominan yang mempengaruhi inflasi pada kelompok tersebut adalah peningkatan tarif angkutan udara, sepeda motor, dan angkutan antar kota dengan andil inflasi masing-masing sebesar 0,03%; 0,01% dan 0,01% (mtm).

Inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh kelompok infokom dan kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga.

Kelompok informasi dan komunikasi mencatatkan deflasi sebesar 0,22% (mtm) dipengaruhi oleh turunnya harga laptop/notebook.

Sementara itu, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga tercatat deflasi 0,01% (mtm)

"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat terus berkomitmen untuk mengendalikan inflasi tetap terkendali dan berada di sekitar target 2,51% (yoy)," ungkap Irfan.

Berbagai upaya pengendalian inflasi daerah, juga telah dilakukan sepanjang Juni 2024. Seperti, pasar murah jelang Idul Adha.

Kemudian, menjaga kelancaran distribusi pasca bencana melalui percepatan perbaikan akses jalan yang terdampak serta memprioritaskan kendaraan logistik pengangkut komoditas pangan dalam pengaturan lalu lintas dan lainnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024