OKKPD Agam Ambil Sampel Sampel Pangan Segar di Pasar Lama Lubuk Basung

Sabtu, 15 Juni 2024, 16:08 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
OKKPD Agam Ambil Sampel Sampel Pangan Segar di Pasar Lama Lubuk Basung
Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Agam, Rita Delfianti memimpin pengawasan keamanan pangan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia, Rabu. (humas)

AGAM (14/6/2024) - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Agam melalui OKKPD (Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah) lakukan pengambilan dan pengujian sampel pangan segar di Pasar Lama Lubuk Basung.

Pengujian sampel pangan segar dilakukan dengan menggunakan rapid test pestisida dan formalin.

"Komoditas yang diuji meliputi cabai merah keriting, cabai rawit, sawi, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kol, ikan kembung, dan daging ayam," ungkap Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Agam, Rita Delfianti, Rabu.

Hal itu dikatakan Rita saat memimpin pengawasan keamanan pangan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2024.

Baca juga: Gernas 10 Juta Bendera Merah Putih, Ini Dukungan Bupati Agam

Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel yang diuji negatif residu pestisida dan formalin serta aman dikonsumsi.

Sementara, Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira saat meninjau pengujian sampel di Pojok Aman Pangan Agam (PAPA) menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam.

"Keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian pangan secara berkala untuk memastikan bahwa pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari bahan berbahaya," jelasnya.

Dia mengapresiasi kinerja OKKPD Kabupaten Agam dalam melaksanakan tugasnya.

Baca juga: 200 Jamba Diarak Bundo Kanduang Diperingatan 31 Tahun Lubuk Basung jadi Ibukota Kabupaten

"Saya harap tim ini dapat terus bekerja dengan semangat dan profesionalisme untuk memastikan keamanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Agam," pungkasnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: