Seilar Natural SPA, Kesejukan yang Tersembunyi

Minggu, 17 Januari 2016, 13:38 WIB | News | Kota Padang
Seilar Natural SPA, Kesejukan yang Tersembunyi
Tim Pemko Padang usai bergotong-royong membersihkan kawasan Seilar NAtural SPA (facebook dian fakri)

VALORAnews---Pemko Padang terus menggali potensi wisata di Kota Padang. Ada cukup banyak objek wisata alam yang masih tersembunyi dan belum terekspos. Seperti yang ditemukan tim Pemko Padang saat menyelusuri kawasan Sungai Lareh, Lubukminturun Padang.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Dian Fakri mengunggah penampakan objek wisata berupa lubuk plus air terjun mini dalam laman facebooknya. Menurut keterangan Dian Fakri, objek wisata tersebut ditemukan tim pemko sekitar 2 pekan silam.

"Tadinya lubuk ini tertutup semak-semak, kami lalu bergotong-royong membersihkannya. Melihat kondisinya, sepertinya bagus untuk dijadikan spot wisata baru di Kota Padang. Airnya sejuk," ujar Dian Fakri, Minggu (17/1/2016).

Objek wisata yang kemudian diberi nama Seilar Natural SPA ini, kata Dian, terletak di kawasan perkantoran Dispernakbunhut. Anda bisa masuk dari Simpang Bypass Lubukminturun Kecamatan Kototangah, belok kanan.

Tak jauh dari Masjid Sungai Lareh yang kerap dijadikan sebagai tempat manasik haji, anda akan menemukan Balai Pembibitan dan Agrowisata (BPA) Kantor Dispernakbunhut di sebelah kiri.

"Silakan masuk saja, lapor kepada petugas ya, agar dibantu. Di sini aman, tidak ada preman dan pemalak, karena merupakan kawasan binaan Dispernakbunhut," ujar Dian yang juga mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang ini.

Namun, kata Dian, pengunjung juga harus berhati-hati agar tidak menganggu area pembibitan tanaman di BPA. Apalagi, lokasinya juga berjarak sekitar 25 meter saja dari kebun kakao milik Dispernakbunhut. Pihaknya juga sudah memasang plang nama yang berisi sederet peraturan yang harus dipatuhi pengunjung. Kawasan tersebut juga dijaga oleh Polisi Kehutanan (Polhut) Padang.

Untuk ke depan, kata Dian, pemko berencana akan mengembangkan lagi kawasan tersebut. Pengadaan sejumlah wahana seperti kolam pasir, outbond, arena tarik tambang dan camping ground juga akan disediakan. Begitu juga dengan fasilitas penunjang lainnya. Selain sebagai objek wisata alam, Seilar Natural Spa juga bisa dikembangkan menjadi kawasan agrowisata. "Tapi sekarang masih terkendala dana, mudah-mudahan nanti bisa terealisasi," ujar Dian. (lok)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: