2500 Warga Ikuti Program Mudik Gratis Pemprov Sumut, Sepeda Motor Pemusik Dikirim dengan Kereta Api

Minggu, 07 April 2024, 15:15 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatra Utara
2500 Warga Ikuti Program Mudik Gratis Pemprov Sumut, Sepeda Motor Pemusik Dikirim dengan...
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menyapa warga yang ikuti program mudik gratis tahun 2024 di Terminal Amplas, Jalan Panglima Denai, Medan, Sabtu (6/4/2024). (humas)

MEDAN (7/4/2024) - Sebanyak 2.500 pemudik dipulangkan dengan bus gratis oleh Pemprov Sumut ke berbagai tujuan. Mereka diberangkatkan pulang kampung untuk berlebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M dengan 66 bus.

Ada 6 tujuan kabupaten/kota pada program mudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tahun ini. Pertama Mandailingnatal via Padangsidimpuan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padanglawas Utara, Tapanuli Tengah via Sibolga dan Pakpak Bharat.

"Ini salah satu upaya kita mengurangi biaya transportasi bagi pemudik, mengurangi pemudik dengan sepeda motor dan memperlancar lalu lintas," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin.

Hal itu disampaikan Hassanudin, usai melepas bus Mudik Gratis 2024 di Terminal Amplas, Jalan Panglima Denai, Medan, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Hassanudin berpesan pada para pemudik, untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Begitu juga dengan sopir dan awak bus, agar mematuhi lalu lintas dan memberikan kenyamanan kepada penumpang.

"Ini yang sangat penting, tetap hati-hati, awak bus kalau lelah istirahat, taati lalu lintas, jangan ugal-ugalan karena keselamatan nomor 1," kata Hassanudin.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus menjelaskan, sepeda motor sebagian pemudik diangkut melalui kereta api.

Ini salah satu upaya mengurangi risiko kecelakaan karena berdasarkan data Dinas Perhubungan angka kecelakaan di Sumut meningkat 4,3% di tahun 2024 dan didominasi sepeda motor.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

"Kita bekerjasama dengan PT KAI mengangkut sepeda motor pemudik kita, dengan tujuan akhir Rantauprapat, mudah-mudahan ini mengurangi risiko kecelakaan khususnya sepeda motor," kata Agustinus.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: