Banjir Landa Ujung Gading Sabtu Dinihari, Tiga Rumah Rusak Berat, 1 Hanyut

Sabtu, 06 April 2024, 19:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Banjir Landa Ujung Gading Sabtu Dinihari, Tiga Rumah Rusak Berat, 1 Hanyut
Wabup Pasbar, Risnawanto meninjau lokasi banjir di Jorong Taluk Ambun, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Sabtu dini hari.

PASBAR (6/3/2024) -- Tiga unit rumah rusak berat dan 1 unit rumah hanyut terbawa arus sungai pasca banjir melanda Jorong Taluk Ambun, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Sabtu dini hari.

Banjir ini akibat tingginya curah hujan melanda kawasan itu sehingga menyebabkan luapan air di Jalan Sumba di Nagari Ujung Gading.

"Kunjungan ini adalah aksi cepat tanggap pemerintah terhadap bencana yang terjadi. Kami di sini bersama instansi terkait, juga membawa bantuan logistik untuk 4 keluarga dengan 17 orang terdampak banjir," ungkap Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto.

Pada kunjungan itu, Risnawanto tampak didampingi Dinas PU, BPBD, PMI dan Dinas Sosial. Rombongan mengunjungi lokasi terdampak banjir di Jalan Sumba.

Baca juga: Pengusaha Muda Jawa Barat Asal Maligi Bidik Calon Bupati Pasbar dari Partai Golkar

Setibanya di lokasi, Risnawanto bersama rombongan langsung menyambangi warga terdampak banjir dan menjelaskan upaya dalam penanganan bencana tersebut.

Ia juga menjelaskan, mengantisipasi adanya bencana banjir kembali nantinya akibat air sungai meluap, maka akan dibangun bronjong di sekitaran pinggir sungai melalui aturan teknis yang ada.

"Masyarakat diharapkan selalu waspada dan berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini yang tidak bisa kita terka," ungkapnya.

"Kedepan, akan kita bangun bronjong sebagai dinding penahan tanah dan air di area tepi sungai," katanya.

Baca juga: Kepersertaan Aktif JKN di Pasbar Capai 97,24 Persen

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan juga mendoakan agar kondisi ini cepat membaik, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. (*)

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: