Banjir Bandang Landa 4 Jorong di Kecamatan Talamau Pasca Batang Taluak Ambun Meluap

Kamis, 04 April 2024, 13:46 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Banjir Bandang Landa 4 Jorong di Kecamatan Talamau Pasca Batang Taluak Ambun Meluap
Kabag Ops Polres Pasaman Barat, Kompol Muzhendra mengevakuasi warga terdampak banjir bandang di kecamatan Talamau, Rabu malam. (robi irwan)

PASBAR (4/4/2024) - Kabag Ops Polres Pasaman Barat, Kompol Muzhendra menginformasikan, 69 orang warga Nagari Sinuruik termasuk anak-anak dan bayi, dievakuasi ke Gedung Diklat Talu.

"Mereka dievakuasi agar lebih aman sampai pembersihan rumah mereka nantinya. Malam ini mereka kita evakuasi," ungkap Kompol Muzhendra terkait banjir bandang yang melanda Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Rabu.

Tim reaksi cepat Polres Pasaman Barat telah mengevakuasi puluhan korban banjir ke tempat yang aman karena rumah mereka terendam banjir.

Evakuasi dilakukan bersama tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, Basarnas, pihak nagari dan kecamatan.

Baca juga: DPPKBP3A Pasbar Antarkan Bantuan untuk Korban Bencana Agam, Forum Anak Gelar Trauma Healing

"Di tempat evakuasi itu kita menyiapkan kebutuhan makan, minum, selimut, perlengkapan bayi dan kebutuhan lainnya," katanya.

Adapun daerah yang terdampak banjir ada di empat kejorongan yakni di Jorong Kemakmuran sebanyak 10 unit rumah rusak dan rumah hanyut empat unit, dengan korban terdampak 148 kepala keluarga dengan 740 jiwa.

Lalu di Kejorongan Benteng dengan warga terdampak sebanyak 31 kepala keluarga dengan 155 jiwa, di Kejorongan Harapan dengan warga terdampak 85 kepala keluarga dengan 425 jiwa dan di Kejorongan Tabek Sirah terdampak 8 kepala keluarga dengan 40 jiwa.

"Total warga terdampak sebanyak 272 kepala keluarga dengan 1.360 jiwa," katanya.

Baca juga: Pengusaha Muda Jawa Barat Asal Maligi Bidik Calon Bupati Pasbar dari Partai Golkar

Ia mengatakan, dalam evakuasi itu jajaran Polres Pasaman Barat menurunkan sebanyak 45 orang personel. Pihaknya bergabung dengan tim lainnya dalam rangka bentuk kepedulian kepada korban banjir.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: