RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada

Rabu, 03 April 2024, 23:35 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada
Medo Patria, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Sumbar (kiri) memberikan paparan dalam Raker Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di gelar KPU Pessel, di Painan, Rabu (3/4/2024). FOTO: tusrisep

PESISIR SELATAN (3/4/2024) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menggelar Rapat Kerja (Raker) Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, di Painan, Rabu.

Raker ini diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Pessel, perwakilan Partai Politik, dan lainnya.

Hadir sebagai nara sumber dalam Raker tersebut: Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Sumatera Barat Medo Patria.

"Raker evaluasi ini, sangat penting. Terutama bagi penyelenggara, dalam mengevaluasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 (Pileg & Pilpres). Dan, menghadapi Pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," ucap Medo Patria.

Baca juga: PILKADA PESSEL 2024: Aprial Habas Buya Piai Siap Maju Mewakili Nasdem

Ada beberapa komponen evaluasi. Seperti: kepada peserta pemilu, contohnya. Masukan - masukan dari mereka (peserta pemilu), jelas sangat dibutuhkan. Mulai dari tahapan pencalonan, penetapan calon, kampanye, masa tenang, hari pemilihan, perhitungan, dan lainnya.

Kemudian, kepada masyarakat yang notabene sebagai pemilih dalam pemilu tersebut, juga perlu dimintai masukannya. Baik itu tentang pendataan pemilih, aturan pemilih pindah, penetapan TPS, dan lain-lain.

"Jadi, meski pun kita (KPU) sudah bekerja, dan melaksanakan seluruh kegiatan tahapan pemilu sesuai aturan, kita juga harus mengetahui, apakah masih ada kesulitan yang dirasakan peserta pemilu dan masyarakat sebagai pemilih di lapangan," ujar Medo Patria.

Diambil salah satu contoh, sebutnya, kinerja para KPPS di lapangan. Dengan maksimal 300 pemilih di TPS, apakah mereka sudah bekerja sesuai harapan (maksimal).

Baca juga: KPU dan Bawaslu Agam Tandatangani NPHD Pendanaan Pilkada 2024

"Dan, bagaimana peserta pemilu dan masyarakat sebagai pemilih, memandang (menilai) perihal tersebut," ucapnya .

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: