RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada

Rabu, 03 April 2024, 23:35 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada
Medo Patria, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Sumbar (kiri) memberikan paparan dalam Raker Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di gelar KPU Pessel, di Painan, Rabu (3/4/2024). FOTO: tusrisep

Sebab, di Pemilu lalu, masih saja ada beberapa TPS, yang KPPS tidak menyelesaikan rekap suara dalam sehari kerja. Alias kerjanya memakan waktu lebih dari sehari. Apakah SDMnya yang salah, atau aturan dalam pelaksanaannya.

Masukan - masukan seperti inilah yang perlu dihimpun, serta didapatkan dalam pelaksanaan Raker Evaluasi ini. Kemudian, akan dilaporkan secara berjenjang. Yakni: KPU Kabupaten/Kota menyampaikan ke KPU Provinsi, dan selanjutnya KPU Provinsi melanjutkan ke KPU RI.

"Harapannya, dengan pelaksanaan evaluasi ini, kita (KPU) akan dapat melakukan perbaikan - perbaikan untuk pelaksanaan pemilu ke depannya. Terutama, Pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," ujar Medo Patria.

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Proyeksi Kesiapan Pilkada

Ruswandi Rinaldo, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Pessel membenarkan kalau Raker Evaluasi ini, adalah bagian proyeksi kesiapan pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati, yang akan dilaksanakan serentak, pada Rabu, 27 November 2024, mendatang.

Ada beberapa tahapan yang menjadi fokus pembahasan. Diantaranya: pemutakhiran daftar pemilih yang diharapkan dapat lebih optimal ke depannya.

Kemudian, sosialisasi pendidikan pemilih lebih ditingkatkan. Dengan harapan menaikkan capaian partisipasi pemilih, kampanye, pelaksanaan pemungutan, dan penghitungan suara.

"Kita berharap, nantinya pelaksanaan pemilu ke depannya (Pilkada), dapat dilaksanakan lebih baik lagi," ujar Ruswandi Rinaldo. (tsp/tsp)

Halaman:
1 2

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: