Sungai Bangek Bakal Jadi Kota Satelit

Minggu, 10 Januari 2016, 19:24 WIB | News | Kota Padang
Sungai Bangek Bakal Jadi Kota Satelit
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah sedang membahas rencana pembangunan kota satelit di Kelurahan Sungai Bangek
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews—Tak lama lagi Kota Padang bakal memiliki kota satelit. Kelurahan Sungai Bangek yang terletak di Kecamatan Koto Tangah adalah kawasan yang terpilih untuk dikembangkan menjadi kota satelit. Tak tanggung-tanggung, investasi pembangunan kota satelit itu ditaksir mencapai Rp5 triliun.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pembangunan tersebut melibatkan investor asal China, yaitu Country Garden dengan pelaksana PT Dempo Group. Kota satelit sendiri menurut wikipedia didefinisikan sebagai daerah penunjang bagi kota besar dan merupakan jembatan masuk atau akses menuju kota besar. Contoh yang sudah ada adalah Kota Depok yang menjadi kota satelitnya Jakarta.

"Kami sangat mendukung rencana investasi ini, karena dengan demikian akan menggerakkan perekonomian daerah, termasuk mendorong pembangunan di kawasan perbukitan seperti Sungai Bangek," kata Mahyeldi, Sabtu (9/1/2016).

Untuk saat ini, gerak menuju kota satelit yang kelak akan dinamai Seiba Garden Hills ini, sudah dimulai dengan adanya pembangunan kampus oleh IAIN Imam Bonjol Padang. Mahyeldi menyebutkan, nantinya di Sungai Bangek juga akan dibangun sejumlah fasilitas publik lainnya seperti, sekolah, fasilitas kesehatan dan lainnya.

Baca juga: Tiga Siswa SMK 5 Diseret Arus di Lubuk Tongga Sungai Bangek

"Sedangkan untuk akses, kita sudah mulai dengan melanjutkan pembangunan jalur dua Bypass. Pihak investor sendiri mensyaratkan agar dibukanya akses jalan menuju kota satelit itu," kata Mahyeldi. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: