Atasi Macet di Perlintasan Sebidang Kereta Api Duku, Mahyeldi Usulkan Jalan Layang, Ini Kata Mentri PUPR

Senin, 11 Maret 2024, 18:24 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Atasi Macet di Perlintasan Sebidang Kereta Api Duku, Mahyeldi Usulkan Jalan Layang, Ini...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono jelang peninjauan dampak banjir bandang di Pessel, Senin. (humas)

PESISIR SELATAN (11/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi usulkan pembangunan jalan layang (flyover) di atas perlintasan kereta api di Duku, Kabupaten Padang Pariaman.

Pembangunan jalan layang merupakan respon atas gangguan arus lalu lintas yang kerap terjadi di perlintasan kereta api Kasang, Kecamatan Batang Anai. Terlebih saat akhir pekan dan masa libur.

"Kita telah mengirimkan usulan kepada Pak Menteri, untuk membangun fly over di atas perlintasan kereta api menuju bandara. Status jalannya adalah jalan nasional," ucap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat mendampingi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, meninjau sejumlah infrastruktur strategis yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan, Senin.

Baca juga: Perbaikan Jalan di Sumbar, Kementrian PUPR Kucurkan Rp478,6 Miliar melalui Program IJD, Percepatan Tol juga Disetujui

Terkait dengan pembebasan lahan, Mahyeldi mengaku, sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga diyakini tidak akan ada lagi kendala.

"Untuk pembebasan lahan di kiri kanannya, kita sudah mulai lakukan sosialisasi kepada warga," ucap Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, sebelumnya usulan tersebut telah dibahas secara komprehensif dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), hingga akhirnya dokumen perencanaannya berhasil disiapkan.

"Artinya, ini sudah jadi kesepakatan bersama antara PT KAI, BPJN Sumbar dan Pemprov Sumbar," tuturnya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Pemkab Siapkan Lahan Relokasi untuk Rumah Rusak Berat

Menanggapi usulan tersebut, Basuki Hadimuljono merespon positif. Semenda rang Pesisir Selatan itu kemudian berjanji, untuk membahasnya di internal kementrian PUPR.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: