Usai Dengarkan Paparan PVMBG, Bupati Agam Perpanjang Siaga Darurat Gunung Marapi 1 Bulan Lagi

Selasa, 27 Februari 2024, 14:44 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Usai Dengarkan Paparan PVMBG, Bupati Agam Perpanjang Siaga Darurat Gunung Marapi 1 Bulan...
Bupati Agam, Andri Warman memimpin rapat koordinasi lintas sektoral evaluasi darurat bencana erupsi Gunung Marapi Level III, di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Jumat (23/2/2024). (humas)

"Masa siaga darurat akan diperpanjang hingga sebulan ke depan," terangnya.

"Tiga posko, tetap berada di Batupalano, Bukik Batabuah dan Sungai Pua. Ketiganya akan terus beroperasi untuk memantau dan merespons situasi," terang Andri Warman.

Rapat juga menyoroti perlunya meningkatkan strategi antisipasi, termasuk edukasi masyarakat terkait risiko erupsi dan langkah-langkah pencegahan yang harus diambil.

Baca juga: 3 Rumah Hanyut Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah

Andri Warman juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, menjaga kebersihan sarana air bersih, membersihkan abu dari atap rumah serta menggunakan masker untuk melindungi diri dari paparan abu vulkanik.

Peserta rapat, termasuk Camat Canduang dan Sungai Pua, RAPI Agam, PMI Kabupaten Agam, Orari Bukittinggi Agam, dan Walinagari se-Canduang dan Sungai Pua.

Semuanya diharapkan aktif dalam mengampanyekan langkah-langkah mitigasi ke tengah masyarakat.

Pemerintah daerah dan instansi terkait juga menegaskan kesiapan dalam menyikapi perkembangan terkini Gunung Marapi demi keselamatan dan keamanan bersama. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: