KSB Nagari Panampuang Perbaiki Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Sabtu, 06 Juli 2024, 13:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
KSB Nagari Panampuang Perbaiki Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi
Ilustrasi.

AGAM (4/7/2024) - Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Panampuang, selama 10 hari berjibaku bersama masyarakat korban banjir lahar dingin Nagari Batu Taba, membersihkan material longsor.

KSB Nagari Panampuang juga berhasil mengumpulkan donasi lebih kurang Rp20 juta, termasuk dari hasil 'badoncek' pada acara halal bihalal perantau Panampuang di Jakarta.

"Donasi yang terkumpul tersebut diserahkan langsung pada kami tanggal 2 Juni 2024 di Jakarta," ungkap Wali Nagari Panampuang, Etriwarmon Rabu.

Diketahui, bencana banjir lahar dingin di beberapa nagari termasuk Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek, masih menyisakan trauma dan pilu bagi warganya.

Baca juga: BPK RI Serahkan Bantuan Rp250 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Trauma dan kesedihan tersebut, terjadi adanya rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat serta area pertanian yang tertimbun material banjir lahar dingin.

Di masa tanggap darurat, ulas Etriwarmon, warga Panampuang secara serentak mengumpulkan donasi untuk membantu korban.

Selanjutnya, KSB Nagari Panampuang bersama perangkat nagari bersepakat, dana yang dikumpulkan tersebut digunakan untuk membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan baik rusak ringan, sedang maupun rusak berat.

"Tahap pertama dilakukan perbaikan rumah warga yang mengalami rusak ringan, salah satunya rumah Syukriah di Jorong Panca, Batu Taba," ungkap dia.

Baca juga: Perantau Minang Belanda Serahkan Bantuan Tahap II untuk Korban Banjir Lahar Dingin di Tanah Datar

Pemilihan rumah ini, setelah dilakukan verifikasi oleh perwakilan KSB didampingi Wali Nagari Panampuang dan Batu Taba serta Camat Ampek Angkek pada tanggal 19 Juni di tiga lokasi.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: